Connect with us

News

Survey Terbaru FedEX: Asia Tenggara, Pasar Pertumbuhan Teratas di APAC

Published

on

Survey Terbaru FedEX: Asia Tenggara, Pasar Pertumbuhan Teratas di APAC

Temuan Terbaru: Peluang Pertumbuhan UKM di Asia Pasifik

Perkenalan

FedEx Express (FedEx), perusahaan transportasi terbesar di dunia, telah merilis temuan dari laporan riset terbarunya yang dilakukan bersama Forbes Insights. Laporan ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren pertumbuhan internasional bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Kawasan Asia Pasifik dalam tiga tahun ke depan.

Metodologi Penelitian

Survei ini melibatkan 250 pemimpin UKM di berbagai sektor industri di Kawasan Asia Pasifik, termasuk para pendiri dan eksekutif C-suite. Responden diminta untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan dan tantangan yang mereka hadapi dalam perdagangan lintas-batas internasional.

Peluang Pertumbuhan di Asia Tenggara

Berdasarkan hasil survei, 68% responden melihat potensi pertumbuhan terbesar di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Pertumbuhan ekonomi, kedekatan budaya, dan peningkatan kesepakatan perdagangan regional menjadi faktor utama yang memicu optimisme di pasar ASEAN.

Tantangan dalam Perdagangan Internasional

Meskipun banyak UKM yang merencanakan perluasan basis pelanggan secara global dalam tiga tahun ke depan, sebagian besar pemimpin bisnis di Kawasan Asia Pasifik menghadapi kesulitan dalam melakukan bisnis dengan mitra, pemasok, dan pelanggan di pasar seperti Eropa, Amerika Utara, dan Selatan.

Hambatan dalam Ekspansi Internasional

  • 45% responden menganggap persyaratan dan dokumentasi bea cukai yang rumit sebagai hambatan utama dalam mencari pelanggan baru.
  • 42% responden mengalami kesulitan dalam menemukan mitra atau pemasok di pasar global.

Peran Transformasi Digital

Survey itu menyebutkan, transformasi digital menjadi salah satu pendorong pertumbuhan, namun izin bea cukai dipandang sebagai hambatan utama bagi perdagangan internasional

Transformasi digital dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam pertumbuhan UKM. Namun, izin bea cukai menjadi hambatan utama dalam perdagangan internasional.

Prioritas Bisnis UKM

Peningkatan pengalaman pelanggan merupakan prioritas bisnis tertinggi bagi UKM. Meskipun usaha kecil hanya menginvestasikan sebagian kecil anggaran IT mereka untuk teknologi digital, teknologi tersebut dianggap penting dalam mengatasi tantangan pengalaman pelanggan. Penggunaan analitik, machine learning, AI, pelacakan real-time, dan solusi visibilitas serta pelatihan teknologi dapat meningkatkan keterampilan karyawan.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Tantangan dalam Transformasi Digital

  • 71% responden menganggap mengembangkan atau menerapkan strategi digital sebagai tantangan terbesar.
  • 65% responden menghadapi ancaman keamanan dalam transformasi digital.
  • 64% responden mengalami kendala biaya dalam meningkatkan sistem yang ada.

Kesimpulan

Temuan ini memberikan wawasan berharga mengenai peluang pertumbuhan dan tantangan yang dihadapi UKM di Kawasan Asia Pasifik. Kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan mitra lainnya dalam membuka peraturan perbatasan dan meningkatkan kemampuan digital akan menjadi kunci untuk mewujudkan ambisi internasional UKM.

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. merpati putri

    April 24, 2024 at 8:53 am

    Menurut survei terbaru FedEx, Asia Tenggara merupakan pasar pertumbuhan teratas di Kawasan Asia Pasifik untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Namun, UKM di Asia Pasifik menghadapi hambatan dalam melakukan bisnis dengan mitra global dan mengembangkan strategi digital. Bagaimana pemerintah dan perusahaan dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan ini dan mendorong pertumbuhan UKM di kawasan ini?

  2. whistler snapple

    April 30, 2024 at 5:20 am

    Menurut survei terbaru FedEx, Asia Tenggara menjadi pasar pertumbuhan teratas di Kawasan Asia Pasifik bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Namun, UKM masih menghadapi tantangan dalam perdagangan internasional, terutama terkait persyaratan dan dokumentasi bea cukai yang rumit. Transformasi digital dianggap penting dalam pertumbuhan UKM, tetapi izin bea cukai menjadi hambatan utama. Peningkatan pengalaman pelanggan merupakan prioritas bisnis tertinggi bagi UKM, namun mereka menghadapi tantangan dalam mengembangkan strategi digital dan menghadapi ancaman keamanan serta kendala biaya. Kolaborasi antar perusahaan, pemerintah, dan mitra lainnya akan menjadi kunci untuk mewujudkan ambisi internasional UKM.

  3. Chopper Tuntutan

    May 5, 2024 at 5:46 pm

    Menurut survei terbaru FedEx, Asia Tenggara merupakan pasar pertumbuhan teratas di Kawasan Asia Pasifik. Negara-negara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang besar. Meskipun demikian, UKM di Asia Pasifik menghadapi kesulitan dalam melakukan bisnis dengan mitra global, terutama dalam hal persyaratan dan dokumentasi bea cukai yang rumit. Transformasi digital dianggap penting dalam pertumbuhan UKM, namun izin bea cukai menjadi hambatan utama. Peningkatan pengalaman pelanggan menjadi prioritas bisnis UKM, tetapi mereka juga menghadapi tantangan dalam mengembangkan strategi digital dan menghadapi ancaman keamanan serta kendala biaya. Kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan mitra lainnya akan menjadi kunci untuk mewujudkan ambisi internasional UKM di Asia Pasifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *