Connect with us

News

Targetkan 1 Juta TEUs, Batu Ampar Siap Menjadi Pusat Logistik Internasional

Published

on

Targetkan 1 Juta TEUs, Batu Ampar Siap Menjadi Pusat Logistik Internasional

Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar Siap Menjadi Pelabuhan Hub Logistik Internasional

Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengumumkan bahwa Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar siap menjadi pelabuhan hub logistik internasional. Hal ini didorong oleh pengembangan lapangan peti kemas di pelabuhan tersebut.

Proyek Pengembangan

Proyek pengembangan ini merupakan hasil kerja sama antara PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dan PT Persero Batam dengan nilai kontrak sebesar Rp 360 miliar.

Peningkatan Volume Bongkar Muat Kontainer

Dengan pembangunan halaman kontainer dan infrastruktur pendukung lainnya, diharapkan volume bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar dapat meningkat setiap tahunnya.

Penambahan Crane

BP Batam juga akan menambahkan 4 unit Ship to Shore (STS) crane dan 12 unit Rubber Tyred Gantry (RTG) crane dalam pengembangan Pelabuhan Batu Ampar tahap II yang dijadwalkan selesai pada 2025. Dengan penambahan ini, target realisasi arus peti kemas di pelabuhan Batam sebesar 1 juta TEUs dalam setahun dapat tercapai.

Tahap Pengembangan Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar

Proyek perluasan area dermaga ini merupakan tahap I dari tiga tahap pengembangan Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar yang direncanakan akan selesai pada tahun 2080. Pada tahap I ini, pelabuhan Batu Ampar telah mengoperasikan 1 unit STS crane dan dua unit Harbour Mobile Crane (HMC) untuk melayani aktivitas bongkar muat peti kemas.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. CosPlatoon

    May 15, 2024 at 12:42 pm

    Wah, Pelabuhan Batu Ampar siap jadi pusat logistik internasional nih! Ada proyek pengembangan dengan nilai kontrak Rp 360 miliar. Dengan penambahan crane, mereka bisa mencapai target volume bongkar muat kontainer sebesar 1 juta TEUs setiap tahunnya. Keren ya!

  2. Penyapu Babat

    May 15, 2024 at 3:25 pm

    Wow, Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar siap menjadi pusat logistik internasional! Dengan penambahan crane dan pengembangan infrastruktur, apakah volume bongkar muat kontainer di pelabuhan ini akan meningkat setiap tahunnya?

  3. Flick Super

    May 15, 2024 at 3:26 pm

    Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar siap menjadi pusat logistik internasional dengan target 1 juta TEUs. Dalam pengembangan pelabuhan ini, BP Batam akan menambahkan crane dan infrastruktur pendukung lainnya. Apakah penambahan ini akan membantu mencapai target volume bongkar muat kontainer yang lebih tinggi?

  4. Mary Merah Scarlet

    May 19, 2024 at 6:46 pm

    Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar siap menjadi pusat logistik internasional dengan target 1 juta TEUs setahun. Proyek pengembangan pelabuhan ini telah dimulai dengan penambahan crane dan infrastruktur pendukung lainnya. Apakah peningkatan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *