Connect with us

Logistik

Bapanas Mengembangkan Teknik Cold Chain untuk Memperkuat Distribusi Logistik Pangan di Indonesia, Apakah Itu?

Published

on

Bapanas Mengembangkan Teknik Cold Chain untuk Memperkuat Distribusi Logistik Pangan di Indonesia, Apakah Itu?

Teknik Cold Chain untuk Menguatkan Distribusi Logistik Pangan di Indonesia

Pendahuluan

Pada seminar “Peran Teknologi dan Perusahaan Start-up Pada Keandalan Logistik Pangan” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pelaku Logistik Indonesia (PPLI) di Jakarta, dibahas mengenai pentingnya penyimpanan pendingin (cold chain) dalam distribusi logistik pangan di Indonesia.

Pengembangan Sarana Prasarana Cold Chain

Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah menyatakan komitmennya untuk memperkuat distribusi logistik pangan di seluruh wilayah Indonesia melalui pengembangan sarana prasarana cold chain. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kualitas pangan yang didistribusikan.

Keunikan Indonesia sebagai Negara Kepulauan

Indonesia memiliki keunikan sebagai negara kepulauan, sehingga distribusi logistik pangan menjadi lebih kompleks. Arief Prasetyo Adi, Kepala Bapanas, menjelaskan bahwa meskipun Indonesia baru memulai pengembangan cold chain, hal ini perlu dilakukan dengan cepat. Ia mencontohkan bahwa di luar negeri, cold chain sudah diterapkan sejak lama, seperti yang dilakukan oleh Tiongkok dalam ekspor apel Fuji dari bagian utara mereka.

Pentingnya Masa Simpan Pangan

Salah satu aspek penting dalam distribusi logistik pangan adalah perpanjangan masa simpan pangan. Hal ini memungkinkan pangan dapat didistribusikan ke seluruh daerah tanpa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Bapanas memberikan perhatian khusus pada pengembangan sarana prasarana cold chain.

Control Atmosfer Storage

Control atmosfer storage merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam cold chain. Teknik ini memungkinkan suhu penyimpanan pangan dapat diatur sedemikian rupa sehingga pangan tetap segar dan berkualitas. Dengan menggunakan control atmosfer storage, apel Fuji dari Tiongkok bagian utara masih dapat diekspor meskipun sedang musim dingin.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. pluto

    May 16, 2024 at 11:16 am

    Bapanas berkomitmen untuk mengembangkan teknik cold chain guna memperkuat distribusi logistik pangan di Indonesia. Keunikan Indonesia sebagai negara kepulauan membuat distribusi logistik pangan menjadi lebih kompleks. Apakah teknik control atmosfer storage juga akan diterapkan di Indonesia?

  2. sphinx pekat

    May 16, 2024 at 11:16 am

    Bapanas, Badan Pangan Nasional, sedang mengembangkan teknik Cold Chain untuk memperkuat distribusi logistik pangan di Indonesia. Teknik ini penting untuk menjaga keamanan dan kualitas pangan yang didistribusikan. Apakah kamu tahu apa itu teknik Cold Chain?

  3. noh noh

    May 16, 2024 at 11:17 am

    Bapanas mengembangkan teknik Cold Chain untuk memperkuat distribusi logistik pangan di Indonesia. Apakah teknik ini akan membantu menjaga kualitas dan keamanan pangan yang didistribusikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *