Connect with us

Kargo

Peningkatan Kinerja Pengiriman Kargo di Bandara Kalimarau Berau

Published

on

Peningkatan Kinerja Pengiriman Kargo di Bandara Kalimarau Berau

Pengembangan Potensi Pengiriman Kargo di Bandara Kalimarau Berau

Pertemuan Strategis untuk Meningkatkan Distribusi Logistik di Kalimantan Timur

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau Berau, Ferdinan Nurdin, telah melakukan pertemuan strategis dengan Direktur Operasi Kargo PT Lion Group dan pemangku kepentingan lainnya. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah pengembangan potensi pengiriman kargo melalui Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Optimalisasi Pengiriman Kargo dan Ekspor

Salah satu tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah proses pengiriman kargo, sehingga dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan distribusi logistik di wilayah Kalimantan Timur. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta menurunkan tingkat inflasi di Berau.

Peninjauan Fasilitas Bandara Kalimarau

Selain membahas strategi pengembangan, juga dilakukan peninjauan menyeluruh terkait fasilitas, sarana, dan prasarana yang dimiliki Bandara Kalimarau. Hal ini dilakukan sebagai persiapan agar konsolidator eksportir dapat melaksanakan kegiatan pengiriman barang kargo di Bandara Kalimarau.

Komoditas Unggulan Kabupaten Berau

Kabupaten Berau memiliki komoditas marine product seperti Ikan Kerapu yang dikirimkan ke Hongkong sebanyak 15 ton per bulan. Selain itu, terdapat juga komoditas lain seperti Kepiting, Udang Ronggeng, Gurita, Baby Octopus, dan ikan buntal dengan permintaan pembeli yang menginginkan komoditas yang dikirimkan dalam keadaan fresh dan hidup. Estimasi total tonase yang dikirim ekspor mencapai 50 ton per bulan.

Potensi Pengiriman Kargo melalui Bandara Kalimarau

Saat ini, para eksportir mengirimkan komoditas tersebut ke Jakarta atau Surabaya untuk melakukan pemeriksaan oleh Balai Karantina Indonesia dan Bea Cukai. Hal ini memakan lebih banyak waktu dan biaya. Dalam rangka memangkas bisnis proses, waktu, dan biaya pengiriman logistik, diharapkan program Penataan Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dapat terlaksana di Bandara Kalimarau. Dengan demikian, pemeriksaan komoditas kargo ekspor dapat dilakukan langsung di Bandara Kalimarau.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *