Connect with us

Logistik

SCI: Green Logistics Proven to be More Efficient

Published

on

SCI: Green Logistics Proven to be More Efficient

Ekonomi Hijau: Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Emas 2045

Peluang Ekonomi Hijau di Indonesia

Ekonomi hijau (green economy) menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan daya saing. Visi Indonesia Emas 2045 mengusung gagasan ekonomi hijau sebagai pilar utama dalam mencapai tujuan keseimbangan secara ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

Penerapan Logistik Hijau dalam Sektor Logistik

CEO Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi, menyatakan bahwa ekonomi hijau harus didukung dengan penerapan pada berbagai sektor, termasuk sektor logistik. Penerapan logistik hijau (green logistics) akan berdampak pada tiga aspek, yaitu ekologi (lingkungan), sosial, dan ekonomi.

Dampak Logistik Hijau terhadap Efisiensi Perusahaan

Setijadi mengungkapkan bahwa logistik hijau terbukti meningkatkan efisiensi bagi perusahaan yang menerapkannya. Hal ini terbukti dalam Report on Green Logistics yang dikeluarkan oleh United Nations Economic Commission for Europe (UNECE). Selain dampak ekologis, penerapan logistik hijau juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi yang digunakan dalam bangunan dan fasilitas perusahaan.

Contoh Kasus: DHL dan UPS

Berdasarkan data penggunaan energi terbarukan oleh DHL, perusahaan tersebut berhasil mengurangi 450.000 ton emisi gas rumah kaca dan mengurangi 2,4 persen energi yang digunakan dalam bangunan dan fasilitas. Sementara itu, UPS dapat mengurangi emisi gas CO2 hingga 21.000 ton pada tahun 2014 dan menghemat hingga 8,3 juta liter bahan bakar.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Adipati Taffy

    February 6, 2024 at 9:10 am

    Logistik hijau terbukti meningkatkan efisiensi perusahaan, seperti yang terbukti oleh DHL dan UPS. Apakah perusahaan lain di Indonesia juga menerapkan logistik hijau?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *