Connect with us

News

Sorotan Redaksi: Perbaikan Kontainer Kosong yang Ugal-ugalan, Hentikan Pembatasan Truk Logistik

Published

on

Sorotan Redaksi: Perbaikan Kontainer Kosong yang Ugal-ugalan, Hentikan Pembatasan Truk Logistik

Solusi Biaya Repair Kontainer di Depo Empty yang ‘Ugal-Ugalan’

Importir mengeluhkan biaya pengembalian kontainer impor di depo empty yang sulit dikontrol dan tidak transparan. Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) telah mengadukan masalah ini kepada Menhub Budi Karya Sumadi dan instansi terkait. GINSI mendesak agar Dinas Perhubungan Provinsi mengawasi depo empty kontainer eks impor untuk memastikan layanan yang adil.

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi global melambat karena ketidakpastian pasar keuangan dan divergensi antarnegara yang semakin melebar. Pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan turun dari 3,0% di tahun 2022 menjadi 2,6% yoy di tahun 2023 dan 2,4% yoy di tahun 2024. Meskipun demikian, ekonomi Indonesia tetap resilien dengan permintaan domestik yang kuat.

Aptrindo Usulkan Solusi untuk Kelancaran Lalu Lintas di Hari Libur Panjang

Aptrindo mengusulkan beberapa solusi untuk meningkatkan layanan logistik nasional dan mengurangi biaya sektor logistik. Solusi yang diajukan antara lain tidak membatasi truk pada hari libur panjang, memberikan stimulus fiskal untuk peremajaan truk, mendorong pendanaan yang murah, dan menurunkan rate asuransi truk. Aptrindo meyakini bahwa kebijakan yang berpihak pada sektor logistik akan meningkatkan produktivitas truk, menurunkan biaya logistik, dan mengurangi polusi di jalan.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Putri Asam Asetat

    February 5, 2024 at 11:16 am

    Artikel ini membahas tentang perbaikan kontainer kosong yang ugal-ugalan dan desakan untuk menghentikan pembatasan truk logistik. Importir mengeluhkan biaya pengembalian kontainer impor di depo empty yang sulit dikontrol dan tidak transparan. Bank Dunia juga memprediksi pertumbuhan ekonomi global melambat, namun ekonomi Indonesia tetap resilien. Selain itu, Aptrindo mengusulkan solusi untuk kelancaran lalu lintas di hari libur panjang, antara lain tidak membatasi truk pada hari libur panjang dan memberikan stimulus fiskal untuk peremajaan truk.

  2. Isis Darkside

    February 6, 2024 at 9:09 am

    Nah, nih, masalah biaya perbaikan kontainer impor yang ugal-ugalan di depo empty ini emang bikin ribet. Importir udah adukan ke Menhub Budi Karya Sumadi, tapi gimana solusinya ya? Apa Dinas Perhubungan Provinsi bisa awasi depo empty kontainer eks impor biar layanannya lebih adil?

  3. Perisai Toronto

    February 6, 2024 at 9:09 am

    Mengenai perbaikan kontainer kosong yang ugal-ugalan, importir mengeluhkan biaya yang sulit dikontrol dan tidak transparan. GINSI mendesak agar depo empty kontainer eks impor diawasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi untuk memastikan layanan yang adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *