Connect with us

News

RI Menyiapkan Rencana Pengurangan Risiko, Memantau Ketidakstabilan Geopolitik Timur Tengah

Published

on

RI Menyiapkan Rencana Pengurangan Risiko, Memantau Ketidakstabilan Geopolitik Timur Tengah

Pengaruh Gejolak di Timur Tengah Terhadap Perekonomian Global

Kondisi Geopolitik Terkini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa kondisi geopolitik terkini, terutama terkait gejolak di kawasan Timur Tengah, telah memberikan dampak nyata terhadap perekonomian global.

Monitoring dan Mitigasi Risiko

Pemerintah terus memonitor setiap perkembangan yang ada serta menyiapkan berbagai upaya untuk memitigasi segala potensi risiko dampak yang akan muncul.

Dampak Serangan Israel dan Retaliasi Iran

Serangan Israel ke kedutaan Iran di Damaskus dan retaliasi yang dilakukan oleh Iran telah menyebabkan lonjakan harga minyak. Hal ini berdampak pada perekonomian global.

Pentingnya Selat Hormuz dan Laut Merah

Laut Merah dan Selat Hormuz memiliki peran penting dalam perekonomian global. Selat Hormuz dilalui oleh 33 ribu kapal minyak, sedangkan Laut Merah dilalui oleh sekitar 27 ribu kapal minyak.

Mitigasi Peningkatan Biaya Pengiriman Barang

Peningkatan biaya pengiriman barang (freight cost) menjadi salah satu hal yang harus dimitigasi dalam menghadapi dampak gejolak di Timur Tengah.

Perekonomian Indonesia

Perekonomian Indonesia saat ini tumbuh solid di kisaran 5% dengan inflasi dalam rentang 2,5±1%. Neraca Perdagangan Indonesia masih mengalami surplus dan Cadangan Devisa mencapai sekitar USD136 milyar.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Dampak Ekskalasi Terhadap Pasar Keuangan

Ekskalasi gejolak di Timur Tengah meningkatkan ketidakpastian dan menyebabkan pelemahan nilai tukar dan indeks harga saham secara global. Aset beralih ke safe haven seperti mata uang Dollar dan emas.

Kebijakan yang Perlu Diambil

Indonesia perlu mengambil beberapa kebijakan, antara lain bauran kebijakan fiskal dan moneter, menjaga stabilitas nilai tukar, menjaga APBN, serta memonitor kenaikan logistik dan kenaikan harga minyak.

Dampak Depresiasi Nilai Tukar

Depresiasi nilai tukar dan kenaikan harga minyak berdampak terhadap sektor riil, terutama impor. Namun, eksportir dapat mendapatkan devisa lebih banyak. Perlu menjaga efek plus minus dari dampak ini.

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. kevorkian merah panas

    April 17, 2024 at 9:02 am

    Pemerintah RI siap mengurangi risiko dan memantau ketidakstabilan geopolitik di Timur Tengah. Dampak serangan Israel dan retaliasi Iran terhadap perekonomian global juga menjadi perhatian. Selain itu, pentingnya Selat Hormuz dan Laut Merah dalam perekonomian global harus diakui. Peningkatan biaya pengiriman barang juga harus dimitigasi. Perekonomian Indonesia masih tumbuh solid, namun eskalasi gejolak di Timur Tengah mempengaruhi pasar keuangan secara global. Oleh karena itu, Indonesia perlu mengambil kebijakan yang tepat untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan memonitor kenaikan logistik serta harga minyak. Dampak depresiasi nilai tukar dan kenaikan harga minyak juga harus dijaga agar tidak berdampak negatif pada sektor riil.

  2. Gula Morbid

    April 18, 2024 at 10:42 pm

    Pemerintah RI sedang memantau ketidakstabilan geopolitik di Timur Tengah yang berdampak pada perekonomian global. Serangan Israel dan retaliasi Iran telah menyebabkan lonjakan harga minyak, sementara Selat Hormuz dan Laut Merah memiliki peran penting dalam perekonomian global. Peningkatan biaya pengiriman barang juga perlu dimitigasi. Indonesia perlu mengambil kebijakan untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan APBN serta memonitor kenaikan logistik dan harga minyak. Depresiasi nilai tukar dan kenaikan harga minyak berdampak pada sektor riil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *