Connect with us

News

Tim Satgas Rafi Pertamina Sulawesi Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Hingga Idul Fitri

Published

on

Tim Satgas Rafi Pertamina Sulawesi Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Hingga Idul Fitri

Pertamina Patra Niaga Bentuk Tim Satgas Rafi 2024 untuk Memastikan Stok BBM dan LPG Aman Hingga Idul Fitri

Pendahuluan

Pertamina Patra Niaga telah membentuk Tim Satgas Rafi 2024 (Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri 2024) guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Tim Satgas Rafi 2024 aktif sejak 25 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Mudik Idul Fitri 2024

Berdasarkan prediksi survey Kemenhub 2024, potensi pergerakan masyarakat selama mudik Idul Fitri 2024 diperkirakan mencapai 193,6 juta orang atau sekitar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

Faktor Penyebab Arus Mudik Tinggi

Arus mudik yang tinggi dipicu oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Tidak adanya Covid
  • Faktor ekonomi
  • Cuti bersama
  • Liburan anak sekolah
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana transportasi
  • Kondisi cuaca

Pentingnya Menjaga Ketersediaan Stok BBM dan LPG

Momen mudik Idul Fitri menjadi perhatian utama bagi Pertamina. Pertamina ingin menjaga kehandalan stok BBM dan LPG agar masyarakat dapat menjalani libur panjang lebaran dengan tenang dan memiliki kepastian ketersediaan BBM dan LPG.

Pasokan BBM dan LPG Selama Periode Satgas Rafi 2024

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, mengungkapkan bahwa pasokan BBM dan LPG saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat terutama di momen menjelang lebaran.

Selama periode Satgas Rafi 2024, tren konsumsi BBM wilayah Sulawesi diperkirakan mengalami peningkatan. BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik +3,1% dibandingkan rata-rata harian normal Januari 2024. BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) diperkirakan mengalami kenaikan sebesar +2%. Untuk LPG (Subsidi dan Nonsubsidi) diperkirakan naik +3,2%. Sedangkan untuk Avtur diproyeksikan akan mengalami kenaikan realisasi sebesar +5,59% dibanding konsumsi rata-rata normal Maret 2024.

Layanan Energi Pendukung di Jalur Potensial

Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan energi pendukung di jalur potensial seperti jalur toll, jalur wisata, dan jalur lintas utama. Layanan ini meliputi SPBU Siaga, Agen & Outlet LPG Siaga, Motorist, PDS LPG, Mobil tangki stand by, dan Serambi MyPertamina yang dilengkapi dengan fasilitas layanan kesehatan.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Antisipasi Terhadap Tantangan Geografis Sulawesi

Pertamina telah menyiapkan Regular Alternatif Emergency (RAE) Supply untuk distribusi BBM dan LPG apabila terjadi bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan selama libur panjang lebaran tahun ini. Pertamina juga bekerja sama dengan instansi terkait seperti KESDM, Kemenhub, BPH Migas, Kepolisian, Jasa Marga, TNI, dan PT Telkom Indonesia untuk menjamin kelancaran distribusi BBM dan LPG.

Konsep Layanan Pertamina

Pertamina Siaga Hadir dengan 4 konsep utama:

  • Layanan Ketersediaan Energi
  • Layanan Remote Area & Rawan Bencana
  • Layanan Promosi
  • Layanan Tambahan

Semua konsep layanan tersebut dikemas dengan tagline “Energi Untuk Rayakan Kemenangan”.

Himbauan kepada Masyarakat

Pertamina menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pengisian BBM secara full tank di SPBU. Bagi yang mudik, penting untuk memastikan keamanan LPG di rumah dengan melepas regulator dari tabung.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. necrobull

    April 8, 2024 at 5:20 pm

    Mantap, Pertamina Patra Niaga bentuk Tim Satgas Rafi 2024 untuk pastikan stok BBM dan LPG aman selama mudik. Ada yang sudah siap-siap untuk mudik Idul Fitri tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *