Connect with us

News

Pertamina Patra Niaga Lakukan Uji Tera bersama Dinas Metrologi di Kabupaten Takalar

Published

on

Pertamina Patra Niaga Lakukan Uji Tera bersama Dinas Metrologi di Kabupaten Takalar

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Melakukan Uji Tera di SPBU Kabupaten Takalar

Pendahuluan

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bekerja sama dengan Dinas Metrologi Kabupaten Takalar dan Badan Standardisasi Metrologi Legal IV Kementerian Perdagangan telah melakukan Uji Tera atau pengecekan standar takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Takalar pada tanggal 27 Maret.

Perlunya Layanan Terbaik dalam Pembelian BBM di SPBU

Konsumen berhak mendapatkan layanan terbaik dalam pembelian BBM di SPBU, termasuk mengenai kuantitas BBM yang dikeluarkan dari nozzle mesin dispenser BBM. Untuk memastikan hal ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bekerja sama dengan pihak terkait melakukan Uji Tera secara rutin.

Tujuan Uji Tera

Uji Tera dilakukan berdasarkan UU Nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi yang bertujuan untuk melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran. Dalam hal ini, Uji Tera dilakukan untuk memastikan kuantitas BBM yang diterima oleh konsumen.

Keterlibatan Pertamina dalam Uji Tera

Pertamina turun langsung untuk meninjau pelaksanaan Uji Tera. Tim Pertamina yang diwakili oleh SBM Rayon III Sulselbar Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan bahwa Uji Tera dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Komitmen Pertamina terhadap Layanan Konsumen

Pertamina fokus terhadap layanan kepada konsumen. Selain Uji Tera yang dilakukan oleh Dinas Metrologi, SPBU juga rutin melakukan Uji Tera setiap hari yang selalu dipantau oleh Pertamina. Hal ini merupakan komitmen Pertamina dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Apabila terdapat SPBU yang bermain curang, Pertamina akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan kontrak yang berlaku mulai dari teguran lisan, surat peringatan, hingga pemutusan hubungan usaha.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Proses Quality Control BBM Pertamina

Pertamina tidak hanya melakukan Uji Tera di SPBU, tetapi juga memiliki proses quality control untuk memastikan produk BBM sesuai spesifikasi dan standar yang ditentukan.

  • Produk BBM yang disuplai dari kilang harus memiliki certificate of quality sebelum masuk tangki timbun di Fuel Terminal BBM.
  • Produk BBM yang disuplai lewat pipa akan diuji speknya selama pemompaan ke tangki timbun di Fuel Terminal BBM.
  • Proses suplai melalui kapal juga dilakukan pengujiannya.
  • Produk BBM dalam kapal diuji kelayakannya sebelum dipompa ke tangki timbun.
  • Produk BBM diuji kembali di pintu keluar sebelum mobil tangki timbun keluar dari Fuel Terminal BBM.
  • Pengecekan dilakukan sebelum proses bongkar BBM dari mobil tangki hingga setelah seluruh produk BBM tersalurkan ke tangki pendam SPBU.

Informasi Lebih Lanjut

Informasi mengenai seluruh program Pertamina dan produk Pertamina dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina, media sosial @mypertamina dan @pertaminasulawesi, atau menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Kursi Malas St.La-Z-Boy

    April 2, 2024 at 7:44 pm

    Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Metrologi Kabupaten Takalar melakukan Uji Tera di SPBU Kabupaten Takalar. Ini menunjukkan komitmen Pertamina dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan takaran BBM di SPBU?

  2. jk teman

    April 3, 2024 at 3:04 am

    Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Metrologi Kabupaten Takalar melakukan Uji Tera di SPBU Kabupaten Takalar. Ini menunjukkan komitmen Pertamina dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Apakah ada langkah lain yang dilakukan Pertamina untuk memastikan kualitas BBM yang disuplai?

  3. putri jahat

    April 3, 2024 at 11:19 am

    Mantap! Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Metrologi lakukan Uji Tera di SPBU Kabupaten Takalar. Pertamina serius dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Ada yang tahu apa saja proses quality control BBM yang dilakukan oleh Pertamina?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *