Connect with us

News

Situasi Darurat di Sulsel, Banjir dan Tanah Longsor Melanda 6 Kabupaten

Published

on

Situasi Darurat di Sulsel, Banjir dan Tanah Longsor Melanda 6 Kabupaten

Banjir dan Tanah Longsor Melanda 6 Kabupaten di Sulsel

Curah Hujan Tinggi Menyebabkan Bencana Alam

Curah hujan tinggi dalam dua hari terakhir, dari Kamis (2/5/2024) malam hingga Jumat (3/5/2024) pagi, telah menyebabkan beberapa wilayah di Sulsel dilanda bencana. Enam kabupaten terdampak oleh banjir maupun tanah longsor.

Wilayah Terdampak Bencana Alam

Wilayah yang terdampak bencana alam tersebut antara lain:

  • Kabupaten Luwu
  • Kabupaten Sidrap
  • Kabupaten Wajo
  • Kabupaten Enrekang
  • Kabupaten Pinrang
  • Kabupaten Sinjai

Evakuasi dan Penyelamatan Korban

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Mexianus Bekabel, mengungkapkan bahwa intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Sulsel mengakibatkan banjir yang melanda beberapa wilayah kabupaten. Pihak Basarnas langsung turun ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi dengan menurunkan 27 orang personel dari Kantor SAR Makassar, Pos SAR Bone, Unit Siaga SAR Masamba, Palopo, dan Parepare.

Mexianus juga menyampaikan bahwa rescue Basarnas Makassar bergabung dengan Unit Siaga SAR Parepare dengan fokus di Kabupaten Sidrap, Pos SAR Bone berfokus di Kabupaten Wajo, dan Unit Siaga SAR Masamba dan Palopo berfokus di Kabupaten Luwu, Kecamatan Suli, dan Kera. Hingga saat ini, data yang diperoleh mencatat bahwa 91 orang selamat, 7 meninggal dunia, dan masih dilakukan pencarian serta pendataan korban.

Penyebab Banjir dan Tanah Longsor

Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, menyatakan bahwa banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu disebabkan oleh cuaca ekstrem. Selain menyebabkan korban meninggal dunia, tanah longsor juga merusak rumah warga di Kecamatan Latimojong, tepatnya di Desa Pajang.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. oblivion kenari

    May 9, 2024 at 9:40 pm

    Wah, situasinya darurat banget nih di Sulsel! Banjir dan tanah longsor melanda 6 kabupaten. Cuaca ekstrem bikin bencana alam ini terjadi. Ada yang tau apa penyebabnya banjir dan tanah longsor ini?

  2. Succubus Berry Merah Muda

    May 15, 2024 at 3:56 pm

    Situasi darurat di Sulsel! Banjir dan tanah longsor melanda 6 kabupaten. Curah hujan tinggi jadi penyebab bencana alam. Evakuasi korban masih berlangsung. Ada yang tahu penyebab cuaca ekstrem ini?

  3. Pendorong

    May 17, 2024 at 12:01 am

    Situasi darurat di Sulsel! Banjir dan tanah longsor melanda 6 kabupaten. Cuaca ekstrem menjadi penyebabnya. Evakuasi dan pencarian korban masih dilakukan. Bagaimana pemerintah daerah merespon bencana ini?

  4. stasiun intimidasi

    June 8, 2024 at 11:04 pm

    Situasi darurat di Sulsel! Banjir dan tanah longsor melanda 6 kabupaten. Curah hujan tinggi jadi penyebab bencana alam. Evakuasi korban sudah dilakukan oleh Basarnas. Ada yang tahu apa penyebab banjir dan tanah longsor ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *