Connect with us

News

JICT akan Melakukan Uji Coba OCR mulai 1 Mei, Ini Tanggapan ALFI DKI

Published

on

JICT akan Melakukan Uji Coba OCR mulai 1 Mei, Ini Tanggapan ALFI DKI

PT JICT Menerapkan Uji Coba Pelayanan OCR Terintegrasi dengan JAGS dan TOS

Pada tanggal 1 Mei 2024, PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mulai menerapkan uji coba bertahap pelayanan Optical Character Recognition (OCR) yang terintegrasi dengan JICT Auto Gate System (JAGS) dan Terminal Operating System (TOS). Mandatori penuh dari sistem ini akan diberlakukan pada tanggal 1 Juni 2024.

Keuntungan Penerapan OCR di JICT

Dalam surat edaran No.HM 608/1/11/JICT-2024 yang dikeluarkan oleh Direktur Utama PT JICT, Ade Hartono, pada tanggal 26 April 2024, dijelaskan bahwa penerapan OCR ini bertujuan untuk mendapatkan data gambar peti kemas yang berkualitas tinggi. Dengan adanya data gambar yang berkualitas tinggi, petugas dapat melihat kerusakan yang terdeteksi tanpa perlu menghentikan truk pada jalur OCR. Hal ini akan meningkatkan efisiensi proses pemeriksaan fisik peti kemas di JICT.

Penandaan Peti Kemas dengan OCR

Dalam penerapan OCR di JICT, nomor segel pada peti kemas akan terekam dengan tulisan “Y” jika peti kemas memiliki segel. Sedangkan tulisan “N” akan digunakan untuk peti kemas yang tidak memiliki segel atau peti kemas kosong (empty).

Informasi kepada Stakeholders dan Asosiasi Pengguna Jasa

Rencana implementasi OCR di JICT telah disampaikan kepada stakeholders dan asosiasi pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Priok. Beberapa di antaranya adalah:

  • Indonesia National Shipowners Association (INSA) Jaya
  • Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jakarta
  • GPEI DKI Jakarta
  • Aptrindo DKI Jakarta
  • Organda Angsuspel DKI
  • Klub Logindo
  • Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI)

Tanggapan dari Ketua ALFI DKI Jakarta

Ketua ALFI DKI Jakarta, Adil Karim, mengungkapkan bahwa pihaknya sebelumnya belum mengetahui tentang penerapan OCR di JICT karena belum ada sosialisasi sebelumnya. Adil berharap bahwa perubahan atau inovasi sistem ini tidak akan menimbulkan masalah baru dan justru akan meningkatkan efisiensi layanan.

Ketua DPW ALFI DKI Jakarta, Adil Karim SE, CPSCM
Ketua DPW ALFI DKI Jakarta, Adil Karim SE, CPSCM

Adil juga mengingatkan tentang masalah yang terjadi saat uji coba terminal booking system (TBS) di JICT. Pada saat itu, penggunaan sistem kuota pada saat mengajukan billing menjadi masalah di terminal tersebut.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. tunjukkan boat

    May 6, 2024 at 8:38 am

    JICT akan melakukan uji coba OCR mulai 1 Mei. ALFI DKI mengharapkan tidak ada masalah baru dan efisiensi layanan meningkat.

  2. twizz swedia

    May 7, 2024 at 6:01 am

    JICT akan melakukan uji coba OCR mulai 1 Mei. ALFI DKI berharap tidak ada masalah baru dan efisiensi layanan meningkat.

  3. Benang X

    May 10, 2024 at 3:12 am

    JICT akan melakukan uji coba OCR mulai 1 Mei. ALFI DKI menyambut dengan harapan tidak ada masalah baru dan dapat meningkatkan efisiensi layanan.

  4. Berbahaya Amfibi

    May 17, 2024 at 2:04 pm

    JICT akan melakukan uji coba OCR mulai 1 Mei, ini tanggapan ALFI DKI. Ketua ALFI DKI Jakarta, Adil Karim, berharap perubahan ini tidak menimbulkan masalah baru dan meningkatkan efisiensi layanan.

  5. Ladybug Titanium

    June 1, 2024 at 10:59 pm

    JICT akan melakukan uji coba OCR mulai 1 Mei. ALFI DKI belum mengetahui tentang ini sebelumnya. Apakah perubahan ini akan meningkatkan efisiensi layanan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *