Connect with us

Logistik

Realisasi Insentif Kepabeanan Mencapai Rp 5,2 Triliun Hingga Februari 2024

Published

on

Realisasi Insentif Kepabeanan Mencapai Rp 5,2 Triliun Hingga Februari 2024

Realisasi Insentif Kepabeanan Tembus Rp 5,2 Triliun hingga Februari 2024

Peningkatan Kinerja Fasilitas

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat bahwa realisasi insentif kepabeanan yang telah dimanfaatkan oleh pelaku usaha mencapai Rp 5,2 triliun hingga Februari 2024. Dalam kinerja fasilitas, terjadi peningkatan nilai insentif kepabeanan menjadi Rp 5,2 triliun atau naik 13,9% YoY.

Pendorong Ekspor dan Investasi

Adapun, kinerja fasilitas tersebut mampu mendorong ekspor mencapai US$ 14,8 miliar dan investasi sebesar US$ 645 juta.

Peningkatan Jumlah Penindakan

Dari sisi pengawasan, terjadi peningkatan jumlah penindakan sebesar 6.164 penindakan atau naik 14,4% YoY. Komoditas utama yang menjadi fokus penindakan adalah hasil tembakau, minuman mengandung etil alkohol (MMEA), narkotika, psikotropika, dan prekusor (NPP), obat-obatan, dan tekstil.

Peran Bea Cukai dalam Melindungi Masyarakat

Bea Cukai juga turut berperan dalam melindungi masyarakat Indonesia dengan memberantas peredaran NPP. Pada bulan Februari, terjadi penindakan sebanyak 176 kasus, meningkat 61,5% dibandingkan bulan sebelumnya.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. venusxx

    April 8, 2024 at 5:19 pm

    Kinerja fasilitas insentif kepabeanan mencapai Rp 5,2 triliun hingga Februari 2024, naik 13,9% YoY. Apakah peningkatan ini akan berlanjut di bulan-bulan mendatang?

  2. Kaki Merica

    April 8, 2024 at 5:20 pm

    Mantap nih kinerja Bea Cukai dalam memberantas peredaran barang ilegal! Jumlah penindakan naik 14,4% YoY dan penindakan NPP meningkat 61,5% dibanding bulan sebelumnya. Bagaimana upaya Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dari bahaya NPP?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *