Connect with us

News

IPC TPK Maksimalkan Fasilitas Colokan Container Reefer di Teluk Bayur

Published

on

IPC TPK Maksimalkan Fasilitas Colokan Container Reefer di Teluk Bayur

Terminal Peti Kemas Teluk Bayur Meningkatkan Pemanfaatan Fasilitas Reefer Plug

Pendahuluan

Terminal Peti Kemas (TPK) pelabuhan Teluk Bayur, Padang Sumatera Barat (Sumbar) sedang memacu pemanfaatan fasilitas reefer plugging di lapangan penumpukan peti kemas pelabuhan tersebut. Fasilitas ini berfungsi untuk menjaga suhu pada peti kemas yang berpendingin agar tetap terjaga.

Kolaborasi dengan Stakeholder

Manager Area IPC TPK Teluk Bayur, Erika Sudarto, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan upaya kolaborasi dengan para pengguna jasa atau stakeholder di pelabuhan untuk memasarkan fasilitas reefer plug. Saat ini, tersedia 20 unit reefer plugging di lapangan TPK Teluk Bayur, dan rata-rata sudah bisa terpakai 12 unit. Pihaknya berharap dapat mengoptimalkan penggunaan fasilitas ini di masa mendatang.

Tarif Layanan Reefer Plug

Meskipun fasilitas reefer plug di TPK Teluk Bayur sudah lama tersedia, tarif layanan tersebut belum pernah mengalami penyesuaian sejak tahun 2013. Saat ini, tarif layanan reefer plug per-shift (8 jam) adalah Rp 260.000 untuk peti kemas ukuran 20 feet dan Rp 390.000 untuk ukuran 40 feet.

Komoditi yang Dapat Ditangani

Fasilitas reefer plug dapat digunakan untuk komoditi seperti ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, produk makanan, minuman, dan sejenisnya. Berdasarkan data IPC TPK Teluk Bayur, arus peti kemas selama triwulan pertama tahun 2024 mencapai 24.183 twenty foot equivalent units (TEUs) atau setara dengan 21.823 bok. Pencapaian ini mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Target TPK Teluk Bayur

Target TPK Teluk Bayur untuk triwulan pertama tahun 2024 adalah menangani 25 ribu TEUs. Sedangkan target selama tahun 2024 adalah sebanyak 98.286 TEUs.

Pelayaran Nasional yang Dilayani

Beberapa pelayaran nasional yang menjadi market tetap yang dilayani oleh TPK Teluk Bayur antara lain Meratus Line, SPIL, Temas Line, Tanto Intim Line, dan kapal peti kemas Tol Laut yang dioperatori oleh Pelayaran Pelangi Tunggal Ika.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Persiapan Lebaran Idul Fitri 2024

Menjelang Lebaran Idul Fitri 2024, IPC TPK Teluk Bayur siap melayani kapal dan peti kemas yang dibongkar muat di fasilitas terminal peti kemas pelabuhan Teluk Bayur selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. naiknya howitzer

    April 3, 2024 at 11:04 pm

    Fasilitas colokan container reefer di Teluk Bayur ditingkatkan oleh IPC TPK untuk memaksimalkan penggunaannya. Apakah tarif layanan reefer plug akan mengalami penyesuaian?

  2. Anggur Gelombang Mikro

    April 8, 2024 at 5:20 pm

    Fasilitas colokan container reefer di TPK Teluk Bayur ditingkatkan untuk menjaga suhu peti kemas yang berpendingin. Apakah tarif layanan reefer plug akan mengalami penyesuaian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *