Connect with us

Logistik

Perluasan Layanan Antar-Jemput Paket, KAI Mendorong Pertumbuhan Bisnis Logistik

Published

on

Perluasan Layanan Antar-Jemput Paket, KAI Mendorong Pertumbuhan Bisnis Logistik

KAI Logistik Perluas Layanan Antar Jemput Paket Melalui KALOG Express

Pengenalan

Jakarta – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak perusahaan PT KAI (Persero), sedang mengembangkan bisnis kurir melalui layanan KALOG Express. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperluas jaringan layanan penjemputan dan pengantaran paket ke alamat tujuan. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dan berlaku untuk radius 10 km dari titik service point KALOG Express. Pemesanan yang dilakukan sebelum pukul 12.00 akan mendapatkan penjemputan pada hari yang sama.

Tantangan dan Peluang di Industri Logistik

Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah, mengungkapkan bahwa dinamika di industri logistik menjadi tantangan sekaligus peluang, terutama dalam segmen layanan kurir. Kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan menjadi prioritas utama dan mencerminkan komitmen perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Perluasan Jaringan Layanan

KALOG Express melakukan ekstensifikasi layanan dengan memperluas jaringan penjemputan paket hingga ke alamat tujuan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX. Perluasan ini akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan dapat mencakup lebih dari 70 titik kota/kabupaten. Langkah strategis ini sekaligus mewujudkan tagline perusahaan, “Ispossible”, yang berarti segala hal menjadi mungkin, termasuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket yang mudah dan nyaman.

Perluasan Layanan di Kota/Kabupaten

Sejak diperkenalkan pada tahun 2022, layanan penjemputan paket hanya tersedia di 6 kota. Saat ini, layanan penjemputan sudah tersedia di 12 kota/kabupaten, antara lain Bandar Lampung, Jakarta, Bekasi, Cikampek, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Ketapang, dan Denpasar. KAI Logistik juga berencana untuk melanjutkan perluasan layanan ke 60 kota/kabupaten lainnya dalam waktu dekat.

Peningkatan Kapasitas dan Layanan

Aplikasi KAI Logistik TRAX sebelumnya hanya melayani pengiriman dan pengantaran dokumen dan paket dengan berat maksimal 10 kg. Namun, sekarang aplikasi ini juga dapat melayani pengiriman berupa dokumen, paket, sepeda, hingga sepeda motor dengan berat maksimum 300 kg. Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati layanan packing untuk pengiriman motor dan sepeda sebagai nilai tambah yang ditawarkan.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. Tembakan Bebek

    February 4, 2024 at 6:35 pm

    KAI Logistik sedang mengembangkan bisnis kurir melalui layanan KALOG Express dengan memperluas jaringan layanan penjemputan dan pengantaran paket. Perluasan ini akan mencakup lebih dari 70 titik kota/kabupaten. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dan berlaku untuk radius 10 km dari titik service point KALOG Express.

  2. Jalan bebas hambatan

    February 6, 2024 at 9:11 am

    Wah, KAI Logistik memperluas layanan antar-jemput paket nih lewat KALOG Express. Sekarang bisa pesen sepeda motor juga loh, mantap! Ada yang udah coba layanan ini belum?

  3. Snoot Pixie

    February 7, 2024 at 7:08 am

    KAI Logistik memperluas layanan antar-jemput paket melalui KALOG Express dengan memperluas jaringan penjemputan hingga ke alamat tujuan. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dan berlaku untuk radius 10 km. Pertanyaannya, apakah perluasan ini akan meningkatkan pertumbuhan bisnis logistik KAI?

  4. Kue Noisecake

    February 7, 2024 at 2:55 pm

    Wah, KAI Logistik lagi ngebut nih! Mereka perluas layanan antar jemput paket melalui KALOG Express. Sekarang bisa kirim paket sampe 10 km dari titik service point, dan pesen sebelum jam 12 siang bisa dijemput hari yang sama. Mantap juga ya!

  5. pendorong

    February 7, 2024 at 9:30 pm

    KAI Logistik memperluas layanan antar-jemput paket melalui KALOG Express dengan memperluas jaringan penjemputan hingga ke alamat tujuan. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dan berlaku untuk radius 10 km. Apakah Anda telah mencoba layanan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *