Connect with us

Logistik

BP Batam Menerapkan Digitalisasi Parkir di Dua Pelabuhan Domestik Batam

Published

on

BP Batam Menerapkan Digitalisasi Parkir di Dua Pelabuhan Domestik Batam

BP Batam Terapkan Digitalisasi Parkir di Dua Pelabuhan Domestik Batam

Pengenalan

Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan parkir di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Sekupang. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pembayaran parkir secara non-tunai.

Pengelolaan Parkir Secara Digital

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan bahwa pihaknya telah mengakomodir digitalisasi pembayaran parkir dengan menggunakan kartu uang elektronik maupun dompet digital. Pengelolaan parkir secara digital ini akan dilakukan oleh pihak swasta.

Aturan yang Berlaku

Pengelolaan parkir di dua pelabuhan domestik tersebut tetap akan mengacu pada aturan yang berlaku. Aturan tersebut antara lain adalah Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 4/2023 tentang Pengelolaan Tarif Layanan dan Tata Cara Pengadministrasian Keuangan, serta Peraturan Walikota (Perwako) Batam Nomo2024 tentang Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Fasilitas di Luar Ruang Milik Jalan/Tempat Khusus Parkir.

Tarif Parkir

Sebagai gambaran, bagi pengendara kendaraan roda empat akan dikenakan tarif sebesar Rp7.000 untuk dua jam pertama. Rincian tarif tersebut adalah Rp2.000 untuk tarif pass masuk kendaraan sesuai Perka BP Batam Nomor 4/2023, dan Rp5.000 untuk tarif parkir sesuai Perwako Batam Nomor 1/2024. Untuk jam berikutnya, akan dikenakan tarif sebesar Rp2.000 per jam.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Lemon Matahari

    February 6, 2024 at 9:15 am

    BP Batam akan menerapkan digitalisasi parkir di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Sekupang. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan pembayaran parkir secara non-tunai. Bagaimana sistem digitalisasi ini akan dijalankan oleh pihak swasta?

  2. naga putih

    February 7, 2024 at 2:54 pm

    BP Batam akan menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan parkir di dua pelabuhan domestik di Batam. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pembayaran parkir secara non-tunai. Apakah penggunaan kartu uang elektronik atau dompet digital sudah umum di Batam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *