Connect with us

Logistik

Angkasa Pura Logistik Semakin Handal Mengelola Kargo MotoGP Mandalika 2023

Published

on

Detik Logistik – Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah sukses menyelenggarakan balapan bergengsi MotoGP Mandalika atau IndonesianGP 2023 pada tanggal 13 – 15 Oktober 2023. Keberhasilan ini merupakan sinyal positif bagi Indonesia dalam peningkatan pariwisata dan ekonomi UMKM lokal, serta peningkatan kualitas balapan itu sendiri di kancah dunia. Acara internasional ini juga menumbuhkan kebanggaan bagi Indonesia di beberapa sektor, salah satunya adalah sektor Logistik.

Pengakuan dari Dorna Sport

Carlos Ezpeleta, bos Dorna Sport yang juga merupakan Chief Sporting Officer, telah mengakui dan menyatakan kepada media pada hari Minggu (15 Oktober) bahwa persiapan MotoGP berjalan lebih baik dan logistiknya jauh lebih efisien dibandingkan tahun lalu.

Peran PT Angkasa Pura Logistik

Troficiendy Suroso, Direktur Operasi PT Angkasa Pura Logistik, menjelaskan kepada Cargo Times bahwa keberhasilan acara MotoGP Mandalika tidak terlepas dari dukungan penuh layanan logistik dari PT Angkasa Pura Logistik sebagai BUMN logistik terintegrasi. “”Mulai dari penanganan kedatangan kargo (impor sementara) hingga re-ekspor motor dan semua peralatan balap MotoGP,”” ujarnya.

Impor (Kedatangan)

Proses kedatangan kargo MotoGP dilakukan secara bertahap; dimulai dari tanggal 28 September hingga 9 Oktober 2023 dengan total kargo kurang dari 525 ton. “”20 kontainer dari Eropa dan Asia yang diangkut melalui laut tiba, kemudian diperiksa oleh Bea Cukai dan Clearance di Tanjung Priok, Jakarta, dan Tanjung Perak, Surabaya. Selanjutnya, diangkut melalui laut ke Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB. Pengangkutan terakhir dilakukan dengan truk menuju Sirkuit Internasional Mandalika,”” kata Troficiendy.

Selain pengangkutan melalui laut, pada hari Selasa, 3 Oktober 2023, kargo MotoGP secara bertahap tiba melalui penerbangan charter dari Narita menggunakan freighter Nippon Cargo Airlines (NCA). Freighter pertama, dengan nomor penerbangan KZ6231, yang membawa motor dan suku cadang serta peralatan pendukung MotoGP lainnya, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM), Lombok, dengan kargo sekitar 111 ton. Kemudian, freighter kedua dengan nomor penerbangan KZ2233 tiba dengan kargo sekitar 93 ton. “”Untuk kesekian kalinya, Angkasa Pura Logistik dipercaya oleh MGPA (Mandalika Grand Prix Association), dan DORNA Sports sebagai promotor MotoGP dan WSBK untuk menangani logistik acara MotoGP Mandalika. Total kargo yang diperkirakan untuk MotoGP 2023 adalah sekitar 525 ton, baik melalui pengiriman laut maupun udara. “”Ada 4 tahapan yang ditangani oleh Angkasa Pura Logistik, yaitu mulai dari tahap Loading, Distribusi, Unloading dan Breakdown,”” ujar Troficiendy kepada Cargo Times.

Re-ekspor

Setelah balapan terakhir selesai pada 15 Oktober 2023, Angkasa Pura Logistik mulai menangani proses pemuatan dan re-ekspor MotoGP Mandalika 2023, terutama melalui udara. Logistik akan segera diekspor kembali ke Australia, negara berikutnya untuk acara balapan selanjutnya. “”Pekerjaan yang terorganisir dimulai pada 17 Oktober 2023 hingga 19 Oktober 2023, khususnya, melalui transportasi udara. Proses re-ekspor melibatkan tiga maskapai yang memiliki freighter, yaitu Silk Way Airlines, Atlas Air, dan Malaysia Airlines dengan lima frekuensi penerbangan,”” kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura Logistik, yang pernah bekerja di maskapai Citilink Indonesia.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Setelah transportasi udara, pekerjaan logistik diperluas untuk menggunakan transportasi laut. Pengiriman dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB pada 23 Oktober 2023. Pengiriman kargo bertujuan untuk dikirim ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebelum didistribusikan ke tujuan internasional lainnya. “”Re-ekspor melalui udara dan laut, yang menangani 600 ton logistik MotoGP Mandalika 2023, selesai tanpa mengalami kecelakaan sekecil apa pun atau zero accident. Ini menunjukkan kompetensi luar biasa dari Angkasa Pura Logistik,”” ujarnya.

Manajemen kargo dalam Acara Internasional Khusus bukanlah hal baru bagi Angkasa Pura Logistik. Mempertahankan kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada kompetensi Angkasa Pura Logistik oleh Dorna Sport. Sebagai pemegang lisensi komersial MotoGP dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dalam menangani logistik, Angkasa Pura Logistik telah memiliki portofolio sebagai mitra logistik MotoGP Mandalika sejak 2021 hingga saat ini.

Kemajuan Perusahaan

PT Angkasa Pura Logistik adalah perusahaan logistik nasional yang mencakup cakupan domestik dan internasional yang didukung oleh 17 Operator Terminal Kargo dan Cabang Agen Regulasi, 11 Titik Pengumpulan, Operator Freighter Udara, Gudang, Layanan Pengumpan Jalan dengan berbagai layanan logistik terintegrasi: Freight Forwarding, Customs Clearance, Contract Logistics, Line Haul, Warehouse Management, PPJK, Kurir Ekspres, dan lainnya. Semua ini didasarkan pada multimode digitalisasi dengan layanan logistik yang konsisten yang melaksanakan kualitas, ketepatan waktu, keselamatan, keamanan, dan akurasi dalam memberikan beberapa solusi logistik terintegrasi melalui darat, laut, dan udara.

Menyentuh kemajuan perusahaan, sumber daya manusia APLog mempekerjakan banyak sumber daya manusia milenial (generasi Y dan Z). Selain upaya regenerasi, manajemen Sumber Daya Manusia milenial diyakini mampu berkontribusi dalam mencapai target APLog. “”Optimalisasi Media Sosial, optimalisasi situs web, dengan menciptakan konten sehingga dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan dan calon pelanggan. “”Menyajikan aset visual perusahaan yang menarik seperti foto, video, dan konten audio yang sesuai dengan segmentasi dan tren di kalangan milenial, dianggap mampu menciptakan kesadaran merek perusahaan bagi milenial,”” jelas Danny.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
7 Comments

7 Comments

  1. naiknya howitzer

    February 2, 2024 at 4:00 pm

    Angkasa Pura Logistik berhasil mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023 dengan baik. Perusahaan logistik ini mendapatkan pengakuan dari Dorna Sport dan telah memberikan dukungan penuh dalam penanganan logistik acara tersebut. Proses impor dan re-ekspor dilakukan dengan efisien, melibatkan pengiriman melalui laut dan udara. Angkasa Pura Logistik juga telah memiliki pengalaman dalam mengelola logistik acara internasional sebelumnya. Perusahaan ini merupakan perusahaan logistik nasional yang menawarkan berbagai layanan terintegrasi, didukung oleh sumber daya manusia milenial yang berkontribusi dalam kemajuan perusahaan.

  2. Tebakan Jigsaw

    February 3, 2024 at 12:59 pm

    Angkasa Pura Logistik telah berhasil mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023 dengan efisien. Pengakuan dari Dorna Sport juga menunjukkan kehandalan Angkasa Pura Logistik dalam menangani logistik acara tersebut.

  3. Tank Guntur

    February 3, 2024 at 7:42 pm

    Angkasa Pura Logistik telah sukses mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023 dengan efisien. Dukungan penuh dari Angkasa Pura Logistik telah membantu kesuksesan acara tersebut, mulai dari penanganan kedatangan kargo hingga re-ekspor motor dan peralatan balap MotoGP. Kepercayaan yang diberikan oleh Dorna Sport menunjukkan kompetensi luar biasa dari Angkasa Pura Logistik.

  4. Burung Phoenix Sparrow

    February 4, 2024 at 5:01 am

    Angkasa Pura Logistik menunjukkan kehandalannya dalam mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023. Dukungan penuh layanan logistik dari perusahaan ini menjadi faktor penting dalam kesuksesan acara tersebut.

  5. Cupid Menggoda

    February 4, 2024 at 5:13 am

    Angkasa Pura Logistik telah berhasil mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023 dengan efisien. Dukungan penuh dari PT Angkasa Pura Logistik sebagai BUMN logistik terintegrasi sangat berperan dalam kesuksesan acara ini. Proses impor dan re-ekspor kargo MotoGP dilakukan dengan baik melalui pengiriman laut dan udara. Angkasa Pura Logistik telah membuktikan kompetensinya dalam mengelola logistik acara internasional ini. Perusahaan ini juga mencapai kemajuan dengan mempekerjakan sumber daya manusia milenial dan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek.

  6. boneka champagne

    February 18, 2024 at 6:24 pm

    Angkasa Pura Logistik semakin handal dalam mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023. Dorna Sport mengakui bahwa persiapan MotoGP tahun ini lebih efisien dibandingkan tahun lalu. PT Angkasa Pura Logistik berperan penting dalam keberhasilan acara ini dengan menangani semua logistik mulai dari pengiriman hingga re-ekspor kargo. Pertanyaannya, apa yang membuat Angkasa Pura Logistik begitu handal dalam mengelola logistik acara MotoGP ini?

  7. Liana Zamrud

    February 21, 2024 at 10:46 am

    Angkasa Pura Logistik sukses mengelola kargo MotoGP Mandalika 2023 dengan efisien. Apakah peran Angkasa Pura Logistik dalam keberhasilan acara MotoGP Mandalika?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *