Connect with us

Logistik

Airlangga Mengungkap Potensi Batam untuk Ekosistem Industri Digital

Published

on

Airlangga Mengungkap Potensi Batam untuk Ekosistem Industri Digital

Potensi Batam sebagai Hub Utama Jaringan Kabel Serat Optik

Investasi Data Center di Batam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan potensi Batam sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik. Hal ini mendukung investasi Data Center yang membutuhkan lebih banyak kabel serat optik baru dan keragaman rute yang dapat dijamin oleh landing point kabel di Nongsa Digital Park, Batam.

Kompetitif untuk Ekosistem Industri Digital

Batam dapat menjadi lokasi yang sangat kompetitif untuk ekosistem industri digital. Dengan total investasi yang masuk dalam pengembangan Data Center di Batam mencapai sekitar 3 miliar dolar AS, pembangunan jaringan kabel serat optik menjadi keunggulan konektivitas dalam pembangunan Data Center di Batam. Hal ini disampaikan oleh Airlangga saat pertemuan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) 2024 di Singapura.

Permasalahan Perizinan dan Ketersediaan Air dan Energi

Selain permasalahan perizinan, ketersediaan air dan energi yang ramah lingkungan juga menjadi topik yang dibicarakan oleh Airlangga. Pengusaha mengharapkan agar tambahan hydro power di Sumatera yang menghasilkan ratusan megawatt (MW) energi ramah lingkungan dapat disuplai ke Batam untuk meningkatkan kapasitas Data Center yang sedang dan akan dibangun. Suplai energi hydro power tersebut akan menjadi game changer sekaligus meningkatkan daya tarik Batam untuk menjadi tujuan investasi.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
6 Comments

6 Comments

  1. Trinity Langit

    June 11, 2024 at 11:32 am

    Wah, potensi Batam sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik ternyata sangat besar ya! Investasi Data Center di Batam juga semakin meningkat. Tapi, bagaimana dengan perizinan dan ketersediaan air serta energi yang ramah lingkungan? Apa yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

  2. b @ d b0y

    June 11, 2024 at 5:17 pm

    Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Batam memiliki potensi menjadi hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik. Investasi Data Center di Batam juga mendukung pengembangan ini. Namun, perizinan dan ketersediaan air serta energi ramah lingkungan masih menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Bagaimana pemerintah akan mengatasi permasalahan ini?

  3. Kue Zenacake

    June 12, 2024 at 4:49 pm

    Airlangga Hartarto mengungkapkan potensi Batam sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik. Investasi Data Center di Batam mencapai 3 miliar dolar AS. Namun, masih ada permasalahan perizinan dan ketersediaan air dan energi yang perlu diatasi. Apakah Anda percaya potensi Batam sebagai pusat industri digital dapat terealisasi dengan baik?

  4. Pembunuh Boneka Wajah

    June 12, 2024 at 6:21 pm

    Wah, ternyata Batam punya potensi besar sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik, nih! Investasi Data Center di Batam juga semakin meningkat dengan total investasi mencapai 3 miliar dolar AS. Tapi, masih ada permasalahan perizinan dan ketersediaan air dan energi yang harus diatasi. Bagaimana ya solusinya?

  5. Trinity Langit

    June 13, 2024 at 2:23 am

    Wow, potensi Batam sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik sangat menjanjikan! Dukungan investasi Data Center dan keunggulan konektivitas jaringan kabel serat optik akan membuat Batam menjadi lokasi yang kompetitif untuk ekosistem industri digital. Namun, perizinan dan ketersediaan air serta energi ramah lingkungan masih menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Bagaimana pemerintah akan mengatasi hal ini?

  6. Mustard Hitam

    June 13, 2024 at 10:29 am

    Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Batam memiliki potensi sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik. Investasi Data Center di Batam juga dapat didukung dengan pembangunan jaringan kabel serat optik yang lebih banyak. Namun, permasalahan perizinan dan ketersediaan air dan energi juga menjadi perhatian. Apakah Anda setuju bahwa Batam memiliki potensi menjadi lokasi yang kompetitif untuk ekosistem industri digital?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *