Connect with us

Logistik

Upaya Kemendag untuk Mengembangkan Pasar Ekspor Dapat Membantu Perekonomian Nasional

Published

on

Upaya Kemendag untuk Mengembangkan Pasar Ekspor Dapat Membantu Perekonomian Nasional

Kinerja Ekspor Indonesia Mencatatkan Performa Positif

Ekspor Indonesia Mencapai USD258,82 Miliar pada 2023

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia pada periode Januari–Desember 2023 mencapai USD258,82 miliar. Tiga provinsi dengan kontribusi ekspor terbesar adalah Kalimantan Timur (10,48 persen), Jawa Barat (15,07 persen), dan Jawa Timur (8,5 persen).

Kementerian Perdagangan Mengembangkan Pasar Ekspor

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag, Arief Wibisono, menyebut bahwa Kementerian Perdagangan terus berupaya mengembangkan pasar tujuan ekspor. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat ekonomi nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Negara-Negara Prospektif sebagai Pasar Ekspor Potensial

Arief mengungkap sejumlah negara prospektif yang berpotensi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar ekspor. Negara-negara tujuan ekspor potensial antara lain India, Pakistan, Nigeria, Afrika Selatan, Kenya, Libya, dan Persatuan Emirat Arab. Penentuan negara-negara tersebut didasarkan pada potensi pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, kestabilan geopolitik, dan penghubung ekspor ke negara lain.

Dukungan Kemendag untuk Eksportir Indonesia

Kemendag berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada para eksportir Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif. Beberapa di antaranya adalah pelatihan ekspor, pendampingan sertifikasi, misi dagang, dan pameran luar negeri.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Stik Alias

    February 23, 2024 at 10:46 am

    Mantap nih upaya Kemendag untuk kembangkan pasar ekspor! Dukungan penuh dari Kemendag kepada eksportir Indonesia juga keren banget. Ada yang udah ikutan pelatihan ekspor belum nih?

  2. Keriting Freesia

    March 15, 2024 at 9:09 am

    Wah, ekspor Indonesia mencapai USD258,82 miliar pada 2023! Mantap nih kinerjanya. Tapi, negara mana aja sih yang berpotensi jadi pasar ekspor kita?

  3. gelanggang pasir

    March 23, 2024 at 12:20 pm

    Wah, kinerja ekspor Indonesia tahun 2023 memang luar biasa! Tapi, apa ya yang Kementerian Perdagangan lakukan untuk mengembangkan pasar ekspor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *