Connect with us

Logistik

OPINI: Kenaikan Biaya Logistik sebagai Pemicu Inflasi Global

Published

on

OPINI: Kenaikan Biaya Logistik sebagai Pemicu Inflasi Global

Perang Palestina vs Israel Ganggu Alur Pelayaran Kargo Internasional

Pengalihan Rute Pelayaran oleh Perusahaan-perusahaan Pelayaran Utama Global

Perang Palestina melawan Israel yang melibatkan Yaman dan Amerika Serikat (AS) serta sekutunya telah mengganggu alur pelayaran kargo internasional yang melewati laut Merah. Sebagai respons, perusahaan-perusahaan pelayaran utama global seperti Maersk dan CMA CGM telah mengalihkan rute pelayaran mereka dari laut Merah ke Afrika Selatan (Afsel). Saat ini, sekitar 80% perdagangan dunia menggunakan transportasi laut.

Pentingnya Terusan Suez dalam Perdagangan Global

Terusan Suez yang menghubungkan laut Mediterania dengan laut Merah memiliki peran penting dalam perdagangan global. Pada tahun 2023, pelayaran melalui terusan Suez mencapai sekitar 15% dari total perdagangan global. Namun, dalam 2 bulan terakhir sejak Desember 2023, perdagangan melalui terusan Suez mengalami penurunan sekitar 40% (UNCTAD, 2024).

Dampak Pengalihan Rute Pelayaran ke Afrika Selatan

Pengalihan rute pelayaran ke Afrika Selatan berdampak pada lamanya lead time (waktu pelayaran) dan peningkatan biaya bahan bakar. Sekitar 40% pengapalan barang dari Asia ke Eropa dilakukan melalui terusan Suez, sehingga pengalihan rute ke Afrika Selatan menyebabkan peningkatan biaya bahan bakar sekitar US$1 juta atau setara dengan 920.000 euro.

Pentingnya Terusan Suez dalam Pengapalan Minyak dan LNG

Terusan Suez juga memiliki peran penting dalam pengapalan minyak dan liquified natural gas (LNG). Sekitar 20% dari total pengangkutan minyak dunia dan 25% untuk LNG dilakukan melalui terusan Suez.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. Diva Aqua

    February 20, 2024 at 8:39 am

    Kenaikan biaya logistik yang disebabkan oleh pengalihan rute pelayaran ke Afrika Selatan akibat perang Palestina-Israel dapat memicu inflasi global. Terusan Suez juga memiliki peran penting dalam perdagangan global, terutama dalam pengapalan minyak dan LNG. Bagaimana dampak pengalihan rute ini terhadap stabilitas harga barang dan jasa di pasar global?

  2. Tikus Terbang

    February 21, 2024 at 3:29 am

    Kenaikan biaya logistik akibat perang Palestina-Israel mengganggu pelayaran kargo internasional. Perusahaan pelayaran utama seperti Maersk dan CMA CGM mengalihkan rute mereka ke Afrika Selatan, meningkatkan biaya bahan bakar sekitar US$1 juta. Terusan Suez juga penting dalam pengapalan minyak dan LNG.

  3. putri asam asetat

    February 21, 2024 at 2:03 pm

    Wah, perang Palestina vs Israel bikin kacau jalur pelayaran kargo internasional lewat laut Merah nih! Perusahaan pelayaran besar kayak Maersk dan CMA CGM udah ngalihin rutenya ke Afrika Selatan. Jadi, lamanya waktu pelayaran jadi lebih lama dan biaya bahan bakar juga naik. Terusan Suez juga penting banget buat pengapalan minyak dan LNG, lho!

  4. Tinggi Woo

    February 21, 2024 at 2:03 pm

    Wah, perang Palestina vs Israel ternyata berdampak besar ya, terutama pada alur pelayaran kargo internasional. Perusahaan-perusahaan pelayaran besar seperti Maersk dan CMA CGM sudah mengalihkan rute pelayaran mereka ke Afrika Selatan. Tapi, apa dampaknya nih bagi lamanya waktu pelayaran dan biaya bahan bakar?

  5. Lemon Matahari

    February 22, 2024 at 9:43 pm

    Perang Palestina vs Israel mengganggu pelayaran kargo internasional lewat laut Merah. Perusahaan pelayaran global mengalihkan rute ke Afrika Selatan, meningkatkan biaya logistik dan lamanya waktu pelayaran. Terusan Suez juga penting untuk pengapalan minyak dan LNG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *