Connect with us

Logistik

Tiga Alasan Mengapa Inflasi di Indonesia Tetap Rendah

Published

on

Tiga Alasan Mengapa Inflasi di Indonesia Tetap Rendah

Ini 3 Alasan Inflasi Indonesia Tetap Rendah

Disiplin Fiskal

Menurut Ekonom Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPEM FEB) Universitas Indonesia, Kiki Verico, inflasi Indonesia tetap rendah karena adanya disiplin fiskal. Pemerintah telah menetapkan batas defisit keuangan dan rasio utang terhadap produk domestik bruto (Gross Domestic Product/GDP). Undang-Undang Keuangan Negara membatasi public debt maksimal 60 persen per GDP dan annual budget defisit maksimal 13 persen per GDP.

Ekonomi Digital

Antusiasme penggunaan ekonomi digital yang tinggi di Indonesia juga menjadi faktor penahan inflasi. Penggunaan ekonomi digital secara langsung dapat menurunkan biaya transaksi dan asimetris informasi, sehingga menjaga inflasi tetap stabil.

Performa Logistik

Performa logistik di Indonesia yang didukung oleh infrastruktur yang baik juga berperan dalam menjaga inflasi tetap rendah. Infrastruktur yang baik memungkinkan penyaluran produk menjadi lebih cepat, aman, dan biaya distribusi menjadi lebih rendah. Dengan adanya kemajuan teknologi, seperti penggunaan tol dan digitalisasi, biaya ekonomi yang tinggi dapat dihindari.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. orang swedia mengaum

    May 20, 2024 at 8:27 am

    Wah, inflasi di Indonesia tetap rendah nih! Ada 3 alasan utamanya. Pertama, disiplin fiskal pemerintah dalam mengatur defisit keuangan dan rasio utang terhadap GDP. Kedua, antusiasme penggunaan ekonomi digital yang tinggi, bisa menurunkan biaya transaksi dan menjaga inflasi stabil. Ketiga, performa logistik yang baik berkat infrastruktur yang memadai, produk bisa didistribusikan dengan cepat dan biaya lebih rendah. Mantap nih!

  2. Sopir Taksi

    May 21, 2024 at 6:24 pm

    Wah, inflasi di Indonesia tetap rendah nih! Ternyata ada 3 alasan yang bikin inflasi stabil. Pertama, disiplin fiskal dari pemerintah. Kedua, penggunaan ekonomi digital yang tinggi. Dan yang ketiga, performa logistik yang baik. Mantap!

  3. Goresan Manusia

    June 8, 2024 at 11:03 pm

    Wah, inflasi di Indonesia tetap rendah nih! Ada 3 alasan yang bikin inflasi tetap terjaga. Pertama, disiplin fiskal pemerintah dalam mengatur keuangan negara. Kedua, antusiasme masyarakat dalam menggunakan ekonomi digital yang bikin biaya transaksi lebih murah. Terakhir, performa logistik yang baik berkat infrastruktur yang memadai. Mantap banget ya! Ada yang mau tanya atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *