Connect with us

Logistik

Program Subsidi Angkutan Barang Perintis Dikembangkan untuk Mengatasi Aktivitas Truk Odol

Published

on

Program Subsidi Angkutan Barang Perintis Dikembangkan untuk Mengatasi Aktivitas Truk Odol

Program Subsidi Angkutan Barang Perintis untuk Mengatasi Aktivitas Truk Odol

Pendahuluan

Program subsidi angkutan barang perintis dapat digunakan sebagai salah satu instrumen untuk mengurangi angkutan barang kelebihan dimensi dan muatan (over dimension and over load). Selain tujuan utamanya mengurangi disparitas harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa tidak begitu tinggi. Dapat diprogramkan PSO Angkutan Barang.

Peraturan Terkait

Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021 mengatur Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan. Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang di darat wajib memenuhi prinsip-prinsip:

  • Melaksanakan angkutan barang berdasarkan tarif dan jaringan trayek jalan serta jaringan lintas penyeberangan dengan menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi dalam jaringan yang menginformasikan operasional muatan pengiriman barang
  • Memberikan perlakuan dan pelayanan bagi semua pengguna jasa sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh Menteri
  • Menjaga keselamatan dan keamanan angkutan barang
  • Memenuhi sarana dan prasarana yang ditetapkan oleh Menteri
  • Mempertimbangkan efisiensi dan kelancaran angkutan barang

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2020 mengatur Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Di Jalan Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan. Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dilayani dengan angkutan barang perintis. Dilakukan dengan mempertimbangkan:

  • Aspek sosial ekonomi terkait aksebilitas antarwilayah yang sudah terbangun di wilayah Indonesia
  • Kawasan yang belum berkembang dan tidak terdapat pelayanan angkutan barang
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi
  • Sebagai stabilisator pada suatu daerah tertentu dengan tarif Angkutan yang lebih rendah dari tarif yang berlaku
  • Melayani perpindahan barang dari dan ke angkutan laut perintis, angkutan penyeberangan perintis, angkutan udara perintis, dan/atau pusat distribusi logistik

Pasal 50 Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2022 tentang Penyelenggaran Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan pemberian subisdi bagi angkutan barang dengan kinerja:

  • Menghubungkan wilayah tertinggal, terpencil, terluar, perbatasan, dan/atau wilayah lainnya yang karena pertimbangan aspek sosial ekonomi harus dilayani
  • Kawasan yang belum berkembang dan tidak terdapat pelayanan angkutan barang
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi
  • Sebagai stabilisator pada suatu daerah tertentu dengan tarif angkutan yang lebih rendah dari tarif yang berlaku
  • Melayani perpindahan barang dan angkutan laut perintis
  • Melayani daerah transmigrasi dengan kawasan perkotaan
  • Pemulihan daerah bencana alam
  • Memberikan pelayanan angkutan barang yang terjangkau oleh masyarakat yang daya belinya masih rendah

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Deck Tinggi

    March 7, 2024 at 10:02 am

    Program subsidi angkutan barang perintis dikembangkan untuk mengatasi aktivitas truk odol. Ini merupakan langkah yang penting untuk mengurangi angkutan barang kelebihan dimensi dan muatan serta menjaga keselamatan dan keamanan angkutan barang. Pertanyaannya, apakah program ini akan efektif dalam mengurangi aktivitas truk odol?

  2. Pembalok Jalan

    March 15, 2024 at 6:44 pm

    Wah, program subsidi angkutan barang perintis ini kayaknya bisa jadi solusi buat mengatasi aktivitas truk odol, nih. Jadi nanti angkutan barang bisa dilakukan dengan tarif yang lebih rendah dan menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi. Tapi, kira-kira apakah program ini bisa efektif mengurangi disparitas harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *