Connect with us

Logistik

Kemendag Meningkatkan Ekspor Produk Pangan ke Pasar Global

Published

on

Kemendag Meningkatkan Ekspor Produk Pangan ke Pasar Global

Jurus Kemendag: Genjot Ekspor Produk Pangan ke Pasar Global

Pendahuluan

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) terus berupaya menggenjot ekspor produk pangan ke pasar global. Dalam upaya ini, Kementerian Perdagangan memastikan keamanan pada produk yang dijual para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai program dan inisiatif.

Strategi Komprehensif untuk Ekspor Produk Pangan

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan bahwa Kementerian Perdagangan mendukung penuh upaya ekspor produk pangan ke pasar global. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan strategi yang komprehensif. Strategi ini meliputi:

  • Diversifikasi produk ekspor
  • Peningkatan kualitas dan keamanan produk
  • Perluasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional

Program Pendampingan dan Sertifikasi HACCP

Kementerian Perdagangan memiliki program pendampingan dan sertifikasi Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis (Hazard Analysis and Critical Control Point/HACCP) untuk UMKM ekspor di bidang pangan. Program ini telah berjalan sejak 2020.

Pada tahun 2024, sebanyak 12 UMKM ekspor sektor pangan akan mendapatkan pendampingan dan sertifikasi HACCP. Sertifikasi HACCP sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas dan keamanan produk pangan ekspor.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *