Connect with us

Kargo

Pengusaha Logistik Membahas Dampak Rantai Domino Toko TikTok hingga Pemilihan Presiden 2024

Terjemahkan ke dalam Bahasa dan tetapkan arti yang sama:

Published

on

Pengusaha Logistik Membahas Dampak Rantai Domino Toko TikTok hingga Pemilihan Presiden 2024

Pengiriman Barang di Indonesia Meningkat Berkat TikTok Shop

Prediksi Pertumbuhan Sektor Logistik Nasional

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) M. Feriadi Soeprapto memprediksi tren pengiriman barang mulai meningkat jelang akhir 2023 hingga Pemilu 2024. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan sektor logistik nasional.

Kerja Sama GoTo dan TikTok Berdampak Positif

Menurut Feriadi, kerja sama antara GoTo dan TikTok akan meningkatkan jumlah pengiriman barang dan berdampak positif bagi pertumbuhan jasa pengiriman. Sinergi antara TikTok dan Tokopedia juga akan berdampak pada sektor turunannya, termasuk jasa pengiriman cepat.

Faktor Pendorong Pertumbuhan Sektor Logistik

  • Peningkatan permintaan barang menjelang akhir tahun, terutama melalui belanja online.
  • Momen Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden-Pemilu Legislatif (Pilpres-Pileg) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada), yang membutuhkan logistik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Peran E-commerce dalam Perekonomian

Sektor logistik merupakan salah satu penggerak pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. E-commerce memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat. Perubahan perilaku ini memicu lahirnya banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan platform online.

Kembalinya TikTok Shop Mendorong Pertumbuhan UMKM

Kembalinya TikTok Shop memberikan peluang bagi seller-seller lama untuk berjualan kembali. Data menunjukkan bahwa sekitar 70-80% seller TikTok tidak sukses di platform lain. Kehadiran TikTok Shop berdampak positif bagi UMKM dan juga menyerap tenaga kerja.

Kolaborasi TikTok dan Tokopedia Mendukung Ekonomi Digital

Sentimen kolaborasi bisnis antara TikTok dan Tokopedia yang menghadirkan kembali TikTok Shop Indonesia memberikan dampak positif terhadap ekonomi digital Indonesia. Kementerian Perdagangan memprediksi perdagangan online pada 2030 bisa menyumbang Rp1.908 triliun dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Kategori Produk Populer di E-commerce

Pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12, beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia adalah Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Di TikTok, kategori yang dominan adalah Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. Bintang Pukulan KO

    February 4, 2024 at 5:01 am

    Pengusaha logistik membahas dampak rantai domino toko TikTok hingga pemilihan presiden 2024. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) memprediksi pertumbuhan sektor logistik nasional akan meningkat berkat TikTok Shop. Kerja sama antara GoTo dan TikTok juga akan berdampak positif bagi pertumbuhan jasa pengiriman. Faktor pendorong pertumbuhan sektor logistik antara lain peningkatan permintaan barang melalui belanja online dan momen pemilihan umum 2024. E-commerce memiliki peran besar dalam perekonomian pasca pandemi Covid-19 dan kembalinya TikTok Shop mendorong pertumbuhan UMKM. Kolaborasi TikTok dan Tokopedia juga mendukung ekonomi digital Indonesia. Pada kampanye Beli Lokal, kategori produk yang paling laris di Tokopedia adalah kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan dan minuman, serta rumah tangga. Di TikTok, kategori yang dominan adalah kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fashion muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.

  2. Ilmu Cair

    February 23, 2024 at 7:44 am

    Peningkatan pengiriman barang di Indonesia berkat TikTok Shop dapat mendorong pertumbuhan sektor logistik nasional. Kerja sama antara GoTo dan TikTok juga berdampak positif bagi jasa pengiriman. Pertumbuhan sektor logistik didorong oleh peningkatan permintaan barang melalui belanja online dan momen Pemilu 2024. E-commerce memiliki peran besar dalam perekonomian dan kembalinya TikTok Shop mendukung pertumbuhan UMKM. Kolaborasi TikTok dan Tokopedia juga mendukung ekonomi digital Indonesia. Kategori produk yang populer di e-commerce adalah kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan, dan rumah tangga.

  3. Kuli Bahagia

    March 12, 2024 at 1:05 pm

    Pengusaha logistik membahas dampak rantai domino toko TikTok hingga pemilihan presiden 2024. Prediksi pertumbuhan sektor logistik nasional meningkat berkat TikTok Shop. Kerja sama GoTo dan TikTok berdampak positif terhadap pengiriman barang. Faktor pendorong pertumbuhan sektor logistik adalah peningkatan permintaan barang dan momen Pemilu 2024. E-commerce memiliki peran besar dalam perekonomian dan kembalinya TikTok Shop mendorong pertumbuhan UMKM. Kolaborasi TikTok dan Tokopedia mendukung ekonomi digital. Kategori produk populer di e-commerce adalah kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan, dan rumah tangga.

  4. Rapunzel Mafia

    May 10, 2024 at 11:10 pm

    Pengiriman barang di Indonesia meningkat berkat TikTok Shop. Kerja sama antara GoTo dan TikTok berdampak positif bagi pertumbuhan sektor logistik. Pertumbuhan sektor logistik didorong oleh peningkatan permintaan barang menjelang akhir tahun dan momen Pemilu 2024. E-commerce memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia. Kembalinya TikTok Shop mendorong pertumbuhan UMKM. Kolaborasi TikTok dan Tokopedia mendukung ekonomi digital. Kategori produk populer di e-commerce adalah kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan dan minuman, serta rumah tangga.

  5. Kriket

    May 16, 2024 at 3:51 pm

    Wah, kerja sama antara GoTo dan TikTok bisa jadi berdampak positif nih buat pertumbuhan sektor logistik. Ada yang tau apa saja faktor pendorong pertumbuhan sektor logistik di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *