Connect with us

Logistik

Pakar Mengatakan Hampir Semua Ecommerce Menggunakan Sistem Integrasi Vertikal dalam Layanan Logistik

\

Published

on

Pakar Mengatakan Hampir Semua Ecommerce Menggunakan Sistem Integrasi Vertikal dalam Layanan Logistik

Pakar Sebut Hampir Semua Ecommerce Gunakan Sistem Integrasi Vertikal di Jasa Logistik

Praktik Monopoli dalam Industri Ecommerce

Direktur Ekonomi Digital Celios, Nailul Huda, memberikan tanggapan terhadap tudingan praktik monopoli yang dilakukan oleh pelaku industri ecommerce terhadap jasa layanan jasa kurir yang digunakan. Menurut Nailul, para pemain ecommerce menggunakan sistem integrasi vertikal yang menggabungkan platform belanja online dengan jasa kurir.

Manfaat Integrasi Vertikal dalam Ecommerce

Nailul menjelaskan bahwa pola bisnis seperti ini bertujuan untuk memudahkan pengiriman barang dari platform belanja. Selain itu, konsumen juga mendapatkan manfaat dari integrasi vertikal ini. Dengan adanya keterhubungan antara ecommerce dan penyedia jasa ekspedisi, rantai pasok pengiriman barang menjadi lebih efisien.

Pengertian Integrasi Vertikal

Menurut Nailul, praktik integrasi vertikal adalah ketika satu perusahaan memiliki lini bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan lain dalam satu proses produksi atau distribusi yang mendukung kegiatan perusahaan tersebut.

Contoh Praktik Integrasi Vertikal di Industri Ecommerce

Sebagai contoh, beberapa ecommerce besar di Indonesia memiliki jasa kurir sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan logistik untuk mengirimkan barang yang dibeli oleh konsumen. Dengan demikian, proses pengiriman barang dapat dilakukan dengan lebih efisien dan cepat.

Dampak Integrasi Vertikal dalam Industri Logistik

Integrasi vertikal dalam industri logistik membawa dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Konsumen mendapatkan pengalaman belanja online yang lebih baik karena barang yang mereka beli dapat dikirim dengan cepat dan aman. Para pelaku industri ecommerce juga mendapatkan manfaat dari efisiensi dalam rantai pasok pengiriman barang.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. Anjing Longsoran Sampah

    June 20, 2024 at 11:03 am

    Wah, menarik nih artikelnya! Pakar bilang hampir semua ecommerce pake sistem integrasi vertikal di jasa logistik. Ada yang punya pengalaman belanja online dengan pengiriman yang cepat dan aman gak?

  2. Pembunuh Ibu

    July 2, 2024 at 12:57 am

    Wah, menarik nih artikelnya! Pakar bilang hampir semua ecommerce pake sistem integrasi vertikal di jasa logistik. Jadi, mereka punya jasa kurir sendiri atau kerja sama dengan perusahaan logistik. Ada yang pernah belanja online dan merasakan manfaatnya?

  3. Wanita Snap Gingers

    July 4, 2024 at 6:36 pm

    Wah, menarik nih artikelnya! Pakar bilang hampir semua ecommerce pake sistem integrasi vertikal dalam layanan logistik. Jadi, mereka punya jasa kurir sendiri atau kerja sama dengan perusahaan logistik. Tapi, apa dampaknya buat industri logistik lainnya ya?

  4. Cakar Pembalas Dendam

    July 4, 2024 at 6:49 pm

    Wah, pakar ekonomi Nailul Huda bilang hampir semua ecommerce pake sistem integrasi vertikal di jasa logistik nih. Jadi, mereka punya kurir sendiri atau kerja sama dengan perusahaan logistik. Mantap juga ya, pengiriman barang jadi lebih efisien dan cepat. Ada yang punya pengalaman belanja online dengan sistem kayak gini?

  5. Apel Gula

    July 6, 2024 at 6:26 pm

    Wah, artikelnya menarik nih! Pakar mengatakan hampir semua ecommerce menggunakan sistem integrasi vertikal dalam layanan logistik. Tapi, apa dampaknya bagi konsumen dan pelaku industri ecommerce?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *