Connect with us

Logistik

Kemenag Pemalang Memprioritaskan Peningkatan UMKM dengan Target 3.000 Sertifikasi Halal

Published

on

Kemenag Pemalang Memprioritaskan Peningkatan UMKM dengan Target 3.000 Sertifikasi Halal

Menuju Pemerataan Sertifikasi Halal untuk UMKM di Pemalang

Pendahuluan

Dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara nomor satu dalam produk halal, Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Pemalang menargetkan pemerataan sertifikasi halal untuk 3.000 produk makanan dan minuman UMKM secara gratis. Sertifikasi halal ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelayakan pangan, tetapi juga memberikan label halal yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM.

Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM

Kepala Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Garazawa) Kemenag Pemalang, Umayah, menjelaskan bahwa sertifikasi halal sangat penting bagi produk UMKM. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu dalam produk halal. Oleh karena itu, Kemenag terus mendorong para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Tata Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal

Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan sertifikasi halal, terdapat beberapa tata cara yang harus diikuti. Pertama, pelaku UMKM wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bukti usaha mereka terdaftar. Selanjutnya, beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain kartu identitas/KTP dan penyelia (orang yang mengerti hukum agama), uraian komposisi produk, proses produksi, dan foto produk.

Selanjutnya, semua dokumen tersebut harus diserahkan kepada petugas pendamping halal Kemenag untuk diunggah ke dalam sistem aplikasi Si Halal. Setelah diverifikasi, pelaku UMKM akan mendapatkan sertifikasi halal dari Penyelenggara Jaminan Produk Halal (PJPH) dengan fatwa MUI.

Manfaat Sertifikasi Halal bagi UMKM

Sertifikasi halal memberikan beberapa manfaat bagi UMKM. Pertama, sertifikasi halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM. Dengan adanya label halal, konsumen Muslim akan lebih percaya dan yakin bahwa produk tersebut memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan oleh MUI.

Kedua, sertifikasi halal juga dapat membuka peluang pasar yang lebih luas bagi UMKM. Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan produk halal semakin meningkat baik di dalam maupun luar negeri. Dengan memiliki sertifikasi halal, UMKM dapat memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mereka.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Kesimpulan

Upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara nomor satu dalam produk halal tidak terlepas dari peran UMKM. Oleh karena itu, Kemenag Pemalang menargetkan pemerataan sertifikasi halal untuk 3.000 produk makanan dan minuman UMKM secara gratis. Sertifikasi halal ini tidak hanya memberikan keamanan dan kelayakan pangan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuka peluang pasar yang lebih luas bagi UMKM.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. tank guntur

    April 3, 2024 at 11:36 am

    Mantap nih langkah Kemenag Pemalang! Dengan memprioritaskan peningkatan UMKM melalui sertifikasi halal, kepercayaan konsumen bisa meningkat dan peluang pasar lebih luas. Pertanyaannya, apakah UMKM di daerah lain juga mendapatkan dukungan serupa?

  2. Bitmap

    April 4, 2024 at 10:02 pm

    Kemenag Pemalang berusaha meningkatkan UMKM dengan memberikan sertifikasi halal gratis untuk 3.000 produk makanan dan minuman. Sertifikasi halal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuka peluang pasar yang lebih luas. Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi halal untuk UMKM?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *