Connect with us

Logistik

Dengan Transformasi, Waktu Tinggal Kapal di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Menjadi Lebih Singkat

Published

on

Dengan Transformasi, Waktu Tinggal Kapal di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Menjadi Lebih Singkat

Transformasi di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Mampu Memangkas Waktu Tinggal Kapal

Pengenalan

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) telah melakukan transformasi di Terminal Zamrud, Pelabuhan Tanjung Perak untuk memangkas waktu tinggal kapal atau port stay. Transformasi ini meliputi modernisasi fasilitas, peningkatan efisiensi operasional, dan penerapan teknologi canggih. Langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan produktivitas pelabuhan, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi para pengguna jasa.

Pengurangan Port Stay

Pengurangan port stay memiliki dampak positif bagi industri perkapalan. Dengan waktu tinggal kapal yang lebih singkat, kapal dapat segera melanjutkan perjalanan, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kecepatan pengiriman barang. Saat ini, angka port stay kapal di Terminal Jamrud mencapai 53,74 jam, turun dari sekitar 63,10 jam sebelumnya.

Efisiensi Operasional

Transformasi yang dilakukan di Terminal Jamrud juga berkontribusi pada efisiensi operasional. Waktu sandar atau Berthing Time mengalami penurunan sebesar 14,8%, dari 57,39 jam per kapal pada Triwulan I 2023 menjadi 48,88 jam per kapal pada Triwulan I 2024. Selain itu, Idle Time juga berkurang drastis sebesar 40 persen, dari 6,4 jam per kapal menjadi 3,8 jam per kapal.

Peningkatan Trafik

Transformasi dan standarisasi operasi di Terminal Jamrud juga berdampak pada peningkatan trafik. Trafik bongkar muat general cargo di Terminal Jamrud mencapai 1.987.180 Ton/M3 hingga Mei 2024, tumbuh 15,62% dari capaian trafik bongkar general cargo hingga Mei 2023 yang sebanyak 1.718.694 Ton/M3.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Snazz Beku

    July 7, 2024 at 12:35 pm

    Transformasi di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak berhasil memangkas waktu tinggal kapal, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan trafik. Dengan waktu tinggal kapal yang lebih singkat, biaya operasional dapat dikurangi dan pengiriman barang menjadi lebih cepat. Selain itu, peningkatan trafik juga menunjukkan keberhasilan transformasi ini. Bagaimana transformasi ini dapat memberikan manfaat bagi industri perkapalan lainnya?

  2. saber-merah

    July 8, 2024 at 8:35 am

    Wah, transformasi di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak berhasil memangkas waktu tinggal kapal! Angka port stay kapal turun dari 63,10 jam menjadi 53,74 jam. Pertanyaannya, apa saja langkah-langkah transformasi yang dilakukan?

  3. Klorin

    July 9, 2024 at 3:54 pm

    Wah, transformasi di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak berhasil memangkas waktu tinggal kapal. Mantap nih! Tapi, apa ada rencana untuk terus meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi waktu tinggal kapal lebih jauh lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *