Connect with us

Kargo

Kabupaten Berau Menantikan Pesawat Kargo untuk Mengangkut Hasil Perikanan dan Pertanian

Published

on

Menjelang akhir tahun ini, rencana untuk mendatangkan pesawat kargo (freighter) ke Kabupaten Berau melalui Bandara Kalimarau, Kalimantan Timur, kembali mencuat. Jika jadwal penerbangan (charter/regular) dari pesawat kargo dapat terwujud di Kabupaten Berau, diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dengan cepat, seperti yang dilaporkan oleh benuanta.co.id.

Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Kabupaten Berau merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, dengan ibu kota kabupaten berada di Kecamatan Tanjung Redeb.

Lobi untuk Kedatangan Pesawat Kargo

Kepala Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb – Ferdinan Nurdin, menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan lobi dengan maskapai kargo untuk mendaratkan pesawat kargo mereka di bandara kelas satu dengan kode BEJ, seperti yang dikatakannya pada hari Senin (27 November 2023). Ferdinan menambahkan, saat ini pihaknya hanya menunggu data dari Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian & Peternakan.

Sebagai moda transportasi, nantinya akan mengirimkan terutama produk perikanan dan pertanian dari Kabupaten Berau untuk dikirim ke wilayah lain atau bahkan ke luar negeri.

“”Sementara ini, kami masih mengirim surat kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Jika saya sudah memegang data tersebut, maka saya akan membawanya ke maskapai penerbangan. Ini adalah produk-produk Berau yang akan diangkut ke wilayah lain,”” ujar Ferdinan. Menurutnya, harus ada beberapa data yang perlu dijelaskan kepada maskapai, misalnya kemampuan kita untuk mengirim puluhan ton dalam satu hari.

“”Akan ada petugas bea cukai atau petugas karantina yang melakukan pemeriksaan di Kalimarau di mana barang/barang tidak akan dibongkar di bandara tujuan,”” katanya.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Biaya Kargo yang Lebih Murah

Menurut Ferdinan, biaya kargo sendiri lebih murah dibandingkan harga penerbangan reguler karena fokusnya hanya pada pengangkutan kargo.

“”Ya. Harapan saya adalah ketika ada pesawat kargo dapat meningkatkan perputaran ekonomi di Kabupaten Berau, barang-barang yang masuk atau keluar dapat dilakukan lebih cepat,”” katanya.

Ekspor Ikan Kerapu ke Hong Kong

Dikutip dari prokal.co, Kepala Bidang Penguatan Daya Saing, Dinas Perikanan Kabupaten Berau – Ibu Dewi, setiap bulan, ekspor hanya ikan kerapu ke Hong Kong. Alasannya adalah beberapa komoditas seafood lainnya tidak dapat diekspor langsung, karena kendala izin dan proses pengiriman. “”Mengapa ikan kerapu bisa diekspor langsung, karena kapal dari Hong Kong mengambilnya langsung ke Pulau Maratua,”” katanya.

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan dekat dengan Malaysia. Pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Saat ini, kapal dari luar negeri hanya dapat bersandar di beberapa dermaga di Indonesia. Ada empat dermaga tempat ikan dapat dimuat, salah satunya berada di Pulau Maratua. Jadi, beberapa nelayan di Kalimantan Timur mengumpulkan ikan kerapu di Pulau Maratua.

“”Seperti dari Bontang, atau wilayah lainnya dikumpulkan bersama menjadi satu tempat penampungan di Maratua, lebih dari 10 ton ikan dikirim ke Hong Kong sekali sebulan,”” katanya.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Dengan rencana kedatangan pesawat kargo di Berau, Dewi berharap ini akan memudahkan komoditas laut lainnya yang akan dikirim ke luar negeri atau wilayah lain. “”Saat ini, ikan segar hanya dikirim menggunakan van keluar kota, jumlah per hari bisa mencapai lebih dari 10 ton ikan dari Berau dikirim keluar kota,”” tambahnya.

Kemajuan Perusahaan dan Sumber Daya Manusia Milenial

Menyoal kemajuan perusahaan, sumber daya manusia APLog mempekerjakan banyak sumber daya manusia milenial (generasi Y dan Z). Selain upaya regenerasi, pengelolaan sumber daya manusia milenial diyakini mampu berkontribusi dalam mencapai target APLog. “”Optimalisasi Media Sosial, optimalisasi situs web, dengan menciptakan konten sehingga dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan dan calon pelanggan.

“”Menampilkan aset visual perusahaan yang menarik seperti foto, video, dan konten audio yang sesuai dengan segmentasi dan tren di kalangan milenial, dianggap mampu menciptakan kesadaran merek perusahaan bagi milenial,”” jelas Danny.

Penulis artikel ini adalah untuk Detik Logistik.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. meep

    February 3, 2024 at 1:06 pm

    Kabupaten Berau di Kalimantan Timur sedang menantikan pesawat kargo untuk mengangkut hasil perikanan dan pertanian. Kedatangan pesawat kargo ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Pihak Bandara Kalimarau sedang melakukan lobi dengan maskapai kargo untuk mendaratkan pesawat kargo mereka di bandara tersebut. Biaya kargo sendiri lebih murah dibandingkan harga penerbangan reguler. Selain itu, rencana ini juga diharapkan dapat memudahkan ekspor komoditas laut lainnya dari Kabupaten Berau ke luar negeri atau wilayah lain.

  2. Mata Silvester

    February 3, 2024 at 7:59 pm

    Kabupaten Berau berharap pesawat kargo dapat membantu pertumbuhan ekonomi dengan mengangkut hasil perikanan dan pertanian. Bandara Kalimarau sedang melakukan lobi dengan maskapai kargo untuk mendaratkan pesawat kargo di sana. Biaya kargo lebih murah dan diharapkan dapat mempercepat pengiriman barang. Kabupaten Berau juga berharap ekspor ikan kerapu ke Hong Kong dapat dilakukan secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *