Connect with us

Kargo

Bea Cukai Membebaskan Bea Masuk Impor Peralatan Riset dan Penelitian

Published

on

Misi pembangunan nasional Indonesia adalah menciptakan bangsa yang kompetitif, dengan penguasaan ilmu pengetahuan, riset, teknologi, dan inovasi oleh sumber daya manusia (SDM) negara. Dalam mendukung hal ini, pemerintah sebagai regulator dan fasilitator, melalui Bea Cukai, memberikan fasilitas untuk impor barang-barang penelitian dan pengembangan.

Pembebasan Bea Masuk dan Cukai untuk Penelitian dan Pengembangan

Pembebasan bea masuk dan cukai atas impor barang untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 200/PMK.04/2019. Fasilitas ini diberikan dengan pertimbangan bahwa pelaksanaan penelitian sering memerlukan barang-barang dari luar negeri. Namun, pembebasan bea masuk dan cukai hanya berlaku bagi perguruan tinggi, kementerian/lembaga, dan badan usaha.

Proses Permohonan Pembebasan Bea Masuk dan Cukai

  • Permohonan pembebasan bea masuk dan cukai harus diajukan oleh perguruan tinggi kepada Menteri Keuangan melalui Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai atau Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) tempat pemasukan barang.
  • Permohonan harus ditandatangani oleh pejabat paling rendah setingkat Dekan.
  • Permohonan harus dilampiri surat rekomendasi dan dokumen perolehan barang.
  • Surat rekomendasi harus disampaikan oleh pimpinan perguruan tinggi atau pejabat setingkat eselon II yang ditunjuk oleh pimpinan perguruan tinggi.
  • Dokumen perolehan barang dapat berupa gift certificate, surat perjanjian kerja sama, atau fotokopi dokumen pembelian.
  • Surat permohonan dan dokumen lampiran harus disampaikan secara elektronik melalui Portal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau Sistem National Single Window.

Penerbitan Keputusan Menteri Keuangan

Jika surat permohonan telah disetujui, Kepala KPU Bea Cukai atau KPPBC atas nama Menteri Keuangan akan menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan mengenai pembebasan bea masuk dan cukai atas impor barang untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Importir diberikan jangka waktu impor selama satu tahun terhitung sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Menteri Keuangan.

Contoh:

Sebuah perguruan tinggi di Indonesia mengajukan permohonan pembebasan bea masuk dan cukai atas impor peralatan laboratorium untuk penelitian mereka. Permohonan tersebut disetujui, dan Menteri Keuangan menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan yang memberikan pembebasan bea masuk dan cukai selama satu tahun. Dengan adanya pembebasan ini, perguruan tinggi dapat mengimpor peralatan riset tanpa dikenakan bea masuk dan cukai, sehingga memudahkan mereka dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
7 Comments

7 Comments

  1. pembuat roti

    February 5, 2024 at 7:13 am

    Bea Cukai membebaskan bea masuk impor peralatan riset dan penelitian untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Permohonan pembebasan harus diajukan oleh perguruan tinggi dan berlaku selama satu tahun. Ini akan memudahkan perguruan tinggi dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

  2. Pemicu Pemanasan

    February 23, 2024 at 7:35 am

    Bea Cukai membebaskan bea masuk impor peralatan riset dan penelitian. Fasilitas ini diberikan kepada perguruan tinggi, kementerian/lembaga, dan badan usaha. Permohonan pembebasan harus diajukan oleh perguruan tinggi melalui Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai atau Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai. Jika disetujui, Menteri Keuangan akan menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan yang memberikan pembebasan selama satu tahun.

  3. Penegak Hukum Kecelakaan

    February 26, 2024 at 8:27 pm

    Bea Cukai membebaskan bea masuk impor peralatan riset dan penelitian. Ini merupakan langkah pemerintah untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Bagaimana proses permohonan pembebasan bea masuk dan cukai?

  4. Gabriel Dandelion

    March 7, 2024 at 9:46 am

    Wah, mantap nih kebijakan Bea Cukai membebaskan bea masuk impor peralatan riset dan penelitian. Jadi perguruan tinggi bisa lebih mudah melakukan penelitian tanpa terbebani biaya bea masuk dan cukai. Tapi, apakah pembebasan ini juga berlaku untuk lembaga penelitian swasta?

  5. Pahlawan Merah

    March 8, 2024 at 10:07 am

    Fasilitas pembebasan bea masuk dan cukai untuk impor peralatan riset dan penelitian memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi di Indonesia dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Bagaimana proses pengajuan permohonan pembebasan bea masuk dan cukai ini dilakukan?

  6. Twiddle Twix

    March 16, 2024 at 10:05 pm

    Mantap nih kebijakan Bea Cukai membebaskan bea masuk impor peralatan riset dan penelitian! Jadi perguruan tinggi bisa lebih mudah melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan tanpa harus bayar bea masuk dan cukai. Tapi, apa saja ya prosesnya untuk mendapatkan pembebasan ini?

  7. kucing liar

    April 11, 2024 at 4:58 pm

    Pembebasan bea masuk dan cukai untuk impor peralatan riset dan penelitian adalah langkah positif pemerintah dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Bagaimana proses permohonan pembebasan ini dilakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *