Connect with us

Logistik

Kue Perputaran Uang Capai Rp 80 Triliun Saat Nataru, Ini Sektor yang Kebagian

Published

on

JAKARTA, Detik – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkirakan potensi perputaran uang selama libur Natal dan Tahun baru 2023 mencapai Rp 80,25 triliun. Nilai perputaran uang ini akan mengerek pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2023.

Potensi Perputaran Uang Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengatakan, nilai perputaran uang sebesar Rp 80,250 triliun ini berpotensi lebih, namun jika dihitung secara moderat yang paling minimal mencapai Rp 80 triliun. “Tentu ini kesempatan masyarakat untuk merayakan Natal bersama keluarga di kampung halaman masing-masing secara normal karena tidak lagi ada pembatasan seperti tahun sebelumnya,” ucap Sarman dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (18/12/2023).

Sektor yang Akan Mendapat Bagian dari Perputaran Uang

Berbagai sektor yang akan menikmati kue perputaran uang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 seperti:

  • Pariwisata beserta turunannya seperti hotel, motel, villa, apartemen, restoran, cafe, pusat perbelanjaan/mall, pusat hiburan dan wisata, kuliner khas daerah, pusat oleh-oleh dan aneka produk UMKM termasuk warung dan minimarket.
  • Sektor transportasi seperti penerbangan, grab, rental/travel, bus dan kereta api.
  • Sektor logistik dan jasa pengiriman karena akan banyak pengiriman bingkisan Natal dan Tahun Baru.
  • Sektor ritel dan toko fesyen karena masyarakat yang merayakan Natal di kampung halaman atau bersama keluarga biasanya membeli baju baru, aksesoris natal, dan kebutuhan makanan dan minuman selama merayakan Natal.

Puncak Arus Mudik dan Balik

Puncak arus mudik libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 diprediksi akan terjadi pada 22-23 Desember 2023, sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 26-27 Desember 2023. Puncak arus mudik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada 29-30 Desember 2023, dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Pengawasan Terhadap Harga dan Tarif

Sarman mengatakan agar perputaran uang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 lebih maksimal, pemerintah daerah dan kementerian terkait harus melakukan pengawasan terhadap pengusaha pengelola jasa agar tidak menaikkan tarif dan harga secara berlebihan. Sarman juga menghimbau agar para pengelola jasa memberikan pelayanan yang berkesan kepada para warga yang berlibur maupun yang merayakan Natal di kampung halaman.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Mantra Bayi

    April 11, 2024 at 9:05 am

    Kue perputaran uang selama libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan mencapai Rp 80 triliun. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Natal bersama keluarga di kampung halaman. Sektor pariwisata, transportasi, logistik, ritel, dan toko fesyen akan mendapat bagian dari perputaran uang ini. Puncak arus mudik dan balik diprediksi terjadi pada tanggal 22-23 dan 26-27 Desember 2023. Pengawasan terhadap harga dan tarif perlu dilakukan agar tidak ada kenaikan yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *