Connect with us

Logistik

Pelindungan Pekerja Migran Membaik, PMI Ilegal dan TPPO Jadi Pekerjaan Rumah

Published

on

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani menilai upaya pemerintah dalam memberikan pelindungan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) membaik. Hanya saja, di tengah upaya tersebut, masih marak temuan PMI ilegal dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang patut menjadi perhatian.

Peningkatan Pelindungan bagi PMI

Pada tahun 2023, pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah penting untuk meningkatkan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Menurut Christina Aryani, pada level pelaksanaan, pemerintah secara perlahan memperbaiki skema pengiriman PMI ke luar negeri sehingga lebih memastikan perlindungan untuk mereka. Meskipun masih banyak kasus ditemukan pemberangkatan secara ilegal, namun ada upaya kuat untuk memerangi praktik sindikat dari hulu hingga hilir.

  • Peningkatan pengiriman PMI ke luar negeri: Pemerintah sedang berfokus pada peningkatan skema pengiriman PMI ke luar negeri untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada mereka.
  • Perangi sindikat perdagangan orang: Langkah-langkah telah diambil untuk memerangi sindikat perdagangan orang yang terlibat dalam pemberangkatan ilegal PMI.

Sosialisasi Jalur Legal

Selain itu, pemerintah juga memberi perhatian serius pada sosialisasi ke masyarakat agar menggunakan jalur legal jika ingin berangkat kerja ke luar negeri. Hal ini penting untuk menghindari terjebak pada tawaran ilegal yang masih marak ditemukan.

  • Peran masyarakat: Masyarakat diimbau agar menggunakan jalur legal ketika ingin bekerja di luar negeri.
  • Pencegahan penawaran ilegal: Sosialisasi dilakukan agar masyarakat tidak terjebak pada tawaran ilegal yang dapat membahayakan PMI.

Skema Pengiriman PMI

Pada tahun 2023, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah melakukan penempatan sebanyak 273.747 pekerja migran Indonesia. Jumlah ini melampaui jumlah penempatan pada tahun 2022. Beberapa skema pengiriman PMI yang dilakukan antara lain: (1) pemerintah ke pemerintah (G2G) dengan negara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Jerman, (2) skema private to private, dan (3) Pelayanan untuk Kepentingan Perusahaan Sendiri (UKPS).

Kesimpulan

Meskipun ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), masih terdapat tantangan seperti peningkatan kasus pemberangkatan ilegal dan perdagangan orang. Diperlukan pengawasan dan penanganan yang lebih intensif untuk mengatasi masalah ini agar PMI dapat bekerja dengan aman dan mendapatkan perlindungan yang layak.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

  1. tikus terbang

    February 2, 2024 at 7:45 pm

    Pelindungan terhadap pekerja migran Indonesia (PMI) semakin membaik, namun masih ada tantangan seperti PMI ilegal dan perdagangan orang yang perlu diperhatikan. Pemerintah fokus meningkatkan pengiriman PMI ke luar negeri dan memerangi sindikat perdagangan orang. Sosialisasi jalur legal juga penting untuk menghindari tawaran ilegal. BP2MI telah menempatkan banyak PMI pada tahun 2023 dengan berbagai skema pengiriman. Meskipun demikian, perlu pengawasan dan penanganan yang lebih intensif untuk melindungi PMI dengan baik.

  2. Benang X

    February 3, 2024 at 7:49 pm

    Pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengalami peningkatan, tetapi masih perlu perhatian dalam mengatasi kasus PMI ilegal dan perdagangan orang. Pemerintah juga melakukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan jalur legal saat bekerja di luar negeri. Skema pengiriman PMI juga telah dilakukan dengan berbagai negara. Diperlukan pengawasan dan penanganan yang lebih intensif agar PMI dapat bekerja dengan aman dan mendapatkan perlindungan yang layak.

  3. RZRWRE

    March 16, 2024 at 12:20 am

    Wah, pelindungan untuk PMI memang semakin membaik ya! Tapi masih banyak juga kasus PMI ilegal dan TPPO nih. Gimana ya cara mengatasinya?

  4. Mesin Mata

    May 5, 2024 at 4:33 pm

    Peningkatan pelindungan bagi PMI yang dilakukan pemerintah Indonesia pada tahun 2023 mendapat apresiasi dari anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani. Meskipun demikian, masih ditemukan kasus PMI ilegal dan TPPO yang perlu mendapat perhatian. Pertanyaannya, apa langkah konkret yang diambil pemerintah untuk memerangi sindikat perdagangan orang?

  5. tentara adonan

    June 2, 2024 at 6:05 am

    Peningkatan pelindungan bagi PMI menjadi fokus pemerintah, namun masih perlu perangi sindikat perdagangan orang. Sosialisasi jalur legal juga penting untuk menghindari tawaran ilegal. Skema pengiriman PMI telah dilakukan dengan jumlah penempatan yang meningkat. Tetap diperlukan pengawasan intensif agar PMI dapat bekerja dengan aman. Bagaimana pemerintah akan mengatasi tantangan ini?

  6. Semprot Turanga

    July 4, 2024 at 9:20 am

    Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya meningkatkan pelindungan bagi PMI dengan memperbaiki skema pengiriman ke luar negeri. Namun, masih marak ditemukan kasus PMI ilegal dan perdagangan orang. Apakah langkah-langkah yang diambil pemerintah sudah cukup efektif?

  7. Pemicu Pemanasan

    August 27, 2024 at 2:02 pm

    Pemerintah Indonesia telah meningkatkan pelindungan bagi PMI dengan memperbaiki skema pengiriman dan memerangi sindikat perdagangan orang. Sosialisasi juga dilakukan untuk mendorong penggunaan jalur legal. Meskipun demikian, masih diperlukan pengawasan dan penanganan yang lebih intensif untuk mengatasi pemberangkatan ilegal dan perdagangan orang.

  8. kelelawar tengah malam

    August 31, 2024 at 10:36 pm

    Menurut Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani, pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah membaik. Namun, masih terdapat masalah seperti PMI ilegal dan perdagangan orang yang perlu menjadi perhatian. Apakah langkah-langkah yang telah diambil pemerintah sudah cukup efektif?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *