Connect with us

News

Wah…Pembatasan Angkutan Barang Selama 12 Hari pada Lebaran 2024, Kecuali Ini

LOGISTIKNEWS.ID – Kendaraan pengangkut barang dengan tiga sumbu atau lebih, kereta gandengan atau kereta tempelan, dan…

Published

on

Wah…Pembatasan Angkutan Barang Selama 12 Hari pada Lebaran 2024, Kecuali Ini

Pembatasan Operasional Angkutan Barang Selama Musim Lebaran 2024

Pendahuluan

Pembatasan operasional angkutan barang selama musim Lebaran tahun ini telah diatur dalam Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga. Pembatasan ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan memperlancar mobilitas masyarakat selama periode libur keagamaan.

Waktu dan Ruas Jalan yang Dibatasi

Pembatasan operasional angkutan barang berlaku mulai tanggal 5 April 2024 pukul 09.00 hingga 16 April 2024 pukul 08.00, selama 12 hari. Ruas jalan tol dan non tol yang terkena pembatasan antara lain:

  • Lampung dan Sumatera Selatan: Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung
  • DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Merak
  • DKI Jakarta: Prof. DR. Ir. Sedyatmo, Jakarta Outer Ring Road (JORR), dan Dalam Kota Jakarta
  • DKI Jakarta – Jawa Barat: Jakarta – Bogor – Ciawi – Cigombong – Cibadak; Bekasi – Cawang – Kampung Melayu; dan Jakarta – Cikampek
  • Jawa Barat: Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi; Cileunyi – Cimalaka – Dawuan; Cikampek – Palimanan – Kanci; dan Jakarta – Cikampek II Selatan (Fungsional)
  • Jawa Barat – Jawa Tengah: Kanci – Pejagan
  • Jawa Tengah: Pejagan – Pemalang – Batang – Semarang; Krapyak – Jatingaleh (Semarang); Jatingaleh – Srondol (Semarang); Jatingaleh – Mukliharjo (Semarang); Semarang – Solo – Ngawi; Semarang – Demak; dan Jogja – Solo (Fungsional)
  • Jawa Timur: Ngawi – Kertosono – Mojokerto – Surabaya – Gempol – Pasuruan – Probolinggo; Surabaya – Gresik; dan Pandaan – Malang

Pengecualian

Aturan pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku untuk angkutan barang yang mengangkut Hantaran Uang, Logistik Pemilu, Pakan Ternak, BBM atau BBG, Sepeda Motor Mudik dan Balik Gratis, Keperluan Penanganan Bencana Alam, dan Pupuk.

Persyaratan Surat Muatan

Meskipun mendapat pengecualian, mobil barang yang mengangkut barang-barang tersebut harus dilengkapi dengan surat muatan. Surat muatan diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut dan harus mencantumkan jenis barang, tujuan pengiriman, serta nama dan alamat pemilik barang. Surat muatan ini juga harus ditempelkan pada kaca depan mobil barang sebelah kiri.

Kesimpulan

Pembatasan operasional angkutan barang selama musim Lebaran 2024 bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan memperlancar mobilitas masyarakat. Ruas jalan tol dan non tol yang terkena pembatasan telah ditentukan. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk angkutan barang tertentu yang mendapat pengecualian. Mobil barang yang mendapat pengecualian harus dilengkapi dengan surat muatan yang mencantumkan informasi penting mengenai barang yang diangkut.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

  1. Sopir Taksi

    March 14, 2024 at 8:19 am

    Wah, pembatasan angkutan barang selama Lebaran 2024 nih. Tapi ada pengecualian lho, seperti angkutan Hantaran Uang, Logistik Pemilu, Pakan Ternak, BBM atau BBG, Sepeda Motor Mudik dan Balik Gratis, Keperluan Penanganan Bencana Alam, dan Pupuk. Ada yang tau persyaratan surat muatan untuk mobil barang yang mendapat pengecualian ini?

  2. eerie ganda

    March 14, 2024 at 8:19 am

    Wah, pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024, kecuali untuk beberapa jenis barang tertentu. Pertanyaannya, apa saja barang-barang yang mendapat pengecualian?

  3. buzzbait

    March 14, 2024 at 1:12 pm

    Wah…Pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024, kecuali untuk beberapa jenis barang. Apa saja jenis barang yang tidak terkena pembatasan?

  4. Gurita Frosty

    March 15, 2024 at 10:16 pm

    Wah, pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024, kecuali untuk beberapa jenis barang tertentu. Menurutmu, apakah pembatasan ini efektif untuk mengurangi kepadatan lalu lintas?

  5. Nabi Mental

    March 16, 2024 at 12:41 am

    Wah, ternyata akan ada pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024. Tapi, ada pengecualian lho! Angkutan barang seperti Hantaran Uang, Logistik Pemilu, Pakan Ternak, BBM atau BBG, Sepeda Motor Mudik dan Balik Gratis, Keperluan Penanganan Bencana Alam, dan Pupuk tidak terkena pembatasan. Tapi, mobil barang yang mendapat pengecualian harus dilengkapi dengan surat muatan yang mencantumkan informasi penting mengenai barang yang diangkut.

  6. Naiknya Howitzer

    March 16, 2024 at 3:49 am

    Wah, pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024! Tapi ada pengecualian lho, seperti angkutan Hantaran Uang, Logistik Pemilu, Pakan Ternak, BBM atau BBG, Sepeda Motor Mudik dan Balik Gratis, Keperluan Penanganan Bencana Alam, dan Pupuk. Gimana pendapat kalian tentang kebijakan ini?

  7. koki

    March 16, 2024 at 3:58 am

    Wah, pembatasan angkutan barang selama Lebaran 2024 sudah diatur nih. Tapi ada pengecualian lho, seperti angkutan Hantaran Uang, Logistik Pemilu, Pakan Ternak, BBM atau BBG, Sepeda Motor Mudik dan Balik Gratis, Keperluan Penanganan Bencana Alam, dan Pupuk. Pertanyaannya, apa saja ruas jalan yang terkena pembatasan?

  8. Twiddle Twix

    March 17, 2024 at 7:20 am

    Wah, pembatasan angkutan barang selama 12 hari pada Lebaran 2024, kecuali untuk beberapa jenis barang tertentu. Apakah ada barang lain yang juga mendapat pengecualian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *