Connect with us

News

Teluk Bayur Terus Memperbaiki Diri, Segera Mengadopsi Layanan Digital

LOGISTIKNEWS.ID – Pelabuhan Teluk Bayur, Padang Sumatera Barat akan melaksanakan sistem digitalisasi layanan secara penuh…

Published

on

Teluk Bayur Terus Memperbaiki Diri, Segera Mengadopsi Layanan Digital

Pelabuhan Teluk Bayur Menerapkan Sistem Digitalisasi Layanan Kapal dan Barang

Pelabuhan Teluk Bayur, Padang Sumatera Barat akan menerapkan secara penuh sistem digitalisasi layanan kapal dan barang mulai akhir April 2024. Digitalisasi ini merupakan bagian dari program Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) yang bertujuan untuk menciptakan modernisasi layanan pelabuhan Teluk Bayur.

Penerapan Terminal Operating System (TONUS)

Salah satu aspek dari digitalisasi ini adalah penerapan Terminal Operating System (TONUS) di terminal peti kemas. TONUS adalah sistem yang akan mempermudah pengelolaan dan pengawasan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Teluk Bayur.

Digitalisasi Layanan Non-Peti Kemas

Selain itu, pelabuhan Teluk Bayur juga akan menerapkan digitalisasi layanan non-peti kemas melalui Pelindo Terminal Operating System Multipurpose (PTOS-M). Hal ini akan memungkinkan pengguna jasa untuk mengakses layanan pelabuhan dengan lebih efisien dan transparan.

Penerapan Identitas Tunggal Trucking (STID)

Pelabuhan Teluk Bayur juga akan menerapkan identitas tunggal trucking atau Single Truck Identity Document (STID) di sisi darat kawasan pelabuhan. Dengan adanya STID, pengawasan terhadap truk pengangkut barang akan menjadi lebih terintegrasi dan terkontrol.

Go-Live pada 30 April 2024

Seluruh sistem digitalisasi ini akan diimplementasikan secara penuh pada tanggal 30 April 2024. Pelabuhan Teluk Bayur akan mengundang seluruh pengguna jasa dan stakeholders di Teluk Bayur, termasuk para Ketua Umum Asosiasi pengguna jasa seperti Ketum DPP ALFI, DPP INSA, DPP APBMI, BPP GINSI, DPP GPEI, dan DPP Aptrindo untuk menghadiri acara Go-Live tersebut.

Perluasan Dermaga untuk Pelayanan CPO

Pelabuhan Teluk Bayur juga berencana memperluas dermaga untuk pelayanan bongkar muat crude palm oil (CPO) mengingat pertumbuhannya yang terus naik. Saat ini, pelabuhan Teluk Bayur mampu menangani rata-rata 3,5 juta ton CPO per tahun, meningkat dari sebelumnya hanya 3 juta ton.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Kondusifnya Tenaga Kerja Bongkar Muat

General Manager Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Capt Meidi Kusuma, menyatakan bahwa kondisi tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan Teluk Bayur sudah kondusif. Dua koperasi TKBM yang beroperasi di pelabuhan tersebut telah mendapatkan pekerjaan dengan adil dan tidak ada isu yang mengganggu.

Kesiapan Layanan Angkutan Lebaran

Pelabuhan Teluk Bayur siap melayani arus kapal, barang, dan penumpang dalam menghadapi masa Libur Hari Raya Idul Fitri 2024. Meskipun tidak terjadi lonjakan signifikan pada arus penumpang dan barang selama Lebaran di Teluk Bayur, pelabuhan tetap beroperasi 24/7 dan menyiapkan lahan penampungan sementara untuk mengantisipasi lonjakan jumlah barang dan peti kemas.

Sumber: Detik Logistik

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *