Connect with us

News

ISAA DKI mendukung Penerapan Single Billing Layanan Jasa Kapal

Published

on

ISAA DKI mendukung Penerapan Single Billing Layanan Jasa Kapal

DPW ISAA DKI Jakarta Gelar Bukber Bersama Pengurus DPP ISAA dan Relasi Terkait

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Indonesia Shipping Agencies Association (DPW ISAA) DKI Jakarta turut mengisi semarak Ramadhan 1445 H./2024 dengan menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama (Bukber) jajaran pengurus DPP ISAA dan relasi terkait.

Acara Rutin Tahunan untuk Memupuk Silaturahmi

Acara rutin tahunan pada momen Ramadhan itu dilaksanakan hari ini (Kamis, 28/3/2024) di kantor organisasi itu. Selain untuk memupuk silaturahmi, dalam kesempatan itu juga dijadikan sarana sosialisasi terkait perkembangan regulasi di bidang layanan keagenan kapal, salah satunya adalah adanya program single billing pembayaran jasa-jasa layanan kapal.

Ujicoba Single Billing dalam Tahapan Sosialisasi

Ketua DPW ISAA DKI Jakarta, Adnan Sahudi, mengatakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan ujicoba dalam tahapan sosialisasi single billing. Yakni, pembayaran jasa-jasa layanan kapal antara lain PNBP COP (Clearence of Pratique), PNBP PHCQ (Port Health Quarantine Certificate), VTS (Vessel Traffic Services), dan PNBP Rambu yang selama ini pembayarannya dilakukan terpisah, nantinya akan dijadikan satu.

“Dan proses pembayarannya di akhir. Artinya kalau selama ini pembayaran dilakukan dimuka sebelum kapal dilayani, nantinya pembayaran PNBP tersebut dilakukan setelah selesai semua proses layanan kapal barulah diterbitkan nota atau invoice,” ujar Adnan Sahudi.

Pentingnya Melestarikan Acara Bukber

Ketua DPP ISAA, Aris Hartoyo, dalam sambutannya mengatakan, acara Bukber seperti ini perlu terus dilestarikan, sebab selain dapat memupuk tali silaturahmi dan ladang pahala karena di bulan puasa, juga dapat dijadikan ajang saling tukar informasi dalam hal perkembangan di lapangan tentang usaha keagenan kapal.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Magoo Baru

    April 2, 2024 at 2:18 pm

    ISAA DKI mendukung penerapan single billing layanan jasa kapal. Ujicoba tahap sosialisasi akan segera dilakukan. Bagaimana pendapat Anda tentang program ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *