Connect with us

News

Pengusaha Mengeluhkan Kinerja Ekspor di Awal Tahun 2024

Published

on

Pengusaha Mengeluhkan Kinerja Ekspor di Awal Tahun 2024

Ekspor Sulawesi Selatan Menurun di Awal Tahun 2024

Kondisi Ekspor Sulawesi Selatan

Ekspor Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami penurunan di awal tahun 2024. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Arief R Pabettingi. Menurutnya, ekspor Sulsel dan Indonesia secara keseluruhan belum mengalami pertumbuhan yang baik pada awal tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Faktor Penyebab Penurunan Ekspor

Arief menjelaskan bahwa penurunan ekspor disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain cuaca dan kondisi geopolitik. Faktor-faktor tersebut merupakan faktor eksternal yang sulit untuk dikendalikan. Selain itu, kurs mata uang, melemahnya supply dan demand juga turut mempengaruhi penurunan ekspor.

Pengaruh Faktor Eksternal

Arief menyebutkan bahwa faktor-faktor eksternal seperti kondisi cuaca, geopolitik, dan ketegangan global saat ini berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekspor. Situasi dunia yang tidak ramah akibat peperangan dan ketegangan yang tidak pernah berhenti menjadi salah satu penyebab loyonya ekspor.

Data Ekspor Sulsel

Meskipun tidak merinci jumlah ekspor Sulsel pada tahun 2024, pada Januari 2023 tercatat sebesar US$210,96 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 63,46 persen dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$129,06 juta.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. manhattan manis

    February 29, 2024 at 8:30 am

    Pengusaha mengeluhkan kinerja ekspor di awal tahun 2024. Ekspor Sulawesi Selatan mengalami penurunan karena faktor eksternal seperti cuaca dan geopolitik. Pertumbuhan ekspor Sulsel belum membaik dibandingkan tahun sebelumnya. Apakah faktor-faktor ini juga mempengaruhi ekspor di daerah lain?

  2. hiu sir

    March 2, 2024 at 3:06 pm

    Pengusaha mengeluhkan kinerja ekspor di awal tahun 2024. Ekspor Sulawesi Selatan menurun dan belum mengalami pertumbuhan yang baik dibandingkan tahun sebelumnya. Apakah faktor eksternal seperti cuaca dan geopolitik mempengaruhi penurunan ekspor?

  3. Penegak Hukum Kecelakaan

    March 15, 2024 at 1:01 pm

    Pengusaha mengeluhkan kinerja ekspor di awal tahun 2024. Ekspor Sulawesi Selatan mengalami penurunan karena faktor eksternal seperti cuaca dan geopolitik. Pertumbuhan ekspor Sulsel pada Januari 2023 meningkat sebesar 63,46 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

  4. stalk koma

    March 15, 2024 at 6:36 pm

    Pengusaha mengeluhkan kinerja ekspor di awal tahun 2024. Ekspor Sulawesi Selatan mengalami penurunan disebabkan oleh faktor eksternal seperti cuaca dan geopolitik. Pertanyaannya, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengaruh negatif faktor eksternal ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *