Connect with us

Logistik

Pelindo Menanggapi Keluhan Biaya Logistik RI yang Paling Mahal di ASEAN

Jakarta – Para pengusaha menganggap biaya logistik di Indonesia tinggi dan memberatkan. Bahkan, mereka juga menyebut Indonesia sebagai negara dengan biaya logistik tertinggi di ASEAN. Hal ini merujuk pada data Indeks Kinerja Logistik Bank Dunia (LPI) Indonesia yang mencatatkan biaya logistik perdagangan Indonesia mencapai 23,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Posisinya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Published

on

Pelindo Menanggapi Keluhan Biaya Logistik RI yang Paling Mahal di ASEAN

Biaya Logistik di Indonesia Tertinggi di ASEAN, Pelindo Beri Respons

Pengenalan

Pengusaha di Indonesia mengeluhkan tingginya biaya logistik yang memberatkan. Menurut World Bank Logistic Performance Index (LPI), biaya logistik perdagangan Indonesia mencapai 23,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB), menjadikannya negara dengan biaya logistik tertinggi di ASEAN. Namun, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Arif Suhartono, menyatakan bahwa kontribusi Pelindo dalam penetapan biaya logistik ini hanya sekitar 7% dari keseluruhan.

Kontribusi Pelindo dalam Menekan Biaya Logistik

Arif Suhartono menjelaskan bahwa Pelindo berperan dalam menekan biaya logistik dengan memperpendek port stay atau waktu sejak kedatangan hingga keberangkatan kapal. Namun, lamanya waktu barang di Pelabuhan, atau cargo stay, bergantung pada pemilik barang tersebut.

Contoh Kasus

Sebagai contoh, jika Pelindo berhasil memperpendek waktu kapal berada di pelabuhan, tetapi pemilik barang tidak segera mengambil barangnya setelah tiba di pelabuhan, maka biaya logistik akan tetap tinggi karena cargo stay yang lama. Oleh karena itu, Pelindo hanya dapat memberikan kontribusi terbatas dalam menekan biaya logistik secara keseluruhan.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
6 Comments

6 Comments

  1. Ilmu Cair

    July 17, 2024 at 12:35 pm

    Pelindo Menanggapi Keluhan Biaya Logistik RI yang Paling Mahal di ASEAN

    Pelindo memberikan tanggapannya terhadap keluhan biaya logistik yang paling mahal di ASEAN. Meskipun Pelindo hanya berkontribusi sekitar 7% dalam penetapan biaya logistik, perusahaan ini berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan. Namun, biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambil barangnya setelah tiba di pelabuhan. Bagaimana cara mengatasi masalah cargo stay yang lama ini?

  2. Pembunuh Merlot

    July 18, 2024 at 12:36 pm

    Pelindo, perusahaan pelabuhan Indonesia, menanggapi keluhan tentang biaya logistik yang paling mahal di ASEAN. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menjelaskan bahwa kontribusi Pelindo dalam menekan biaya logistik hanya sekitar 7% dari keseluruhan. Meskipun Pelindo berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan, biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambil barangnya. Apakah ada langkah lain yang dapat diambil untuk menekan biaya logistik di Indonesia?

  3. prajurit malu

    July 18, 2024 at 12:52 pm

    Pelindo menanggapi keluhan biaya logistik RI yang paling mahal di ASEAN dengan menyatakan bahwa kontribusi mereka hanya sekitar 7% dari keseluruhan. Namun, mereka berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan. Tetapi, biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambil barangnya setelah tiba di pelabuhan. Apakah ada solusi lain yang dapat dilakukan untuk menekan biaya logistik secara keseluruhan?

  4. Muzzie Saku

    July 18, 2024 at 3:08 pm

    Pelindo, perusahaan pelabuhan terbesar di Indonesia, memberikan respons terhadap keluhan mengenai biaya logistik yang paling mahal di ASEAN. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menjelaskan bahwa kontribusi Pelindo dalam menekan biaya logistik hanya sekitar 7% dari total keseluruhan. Meskipun Pelindo berusaha memperpendek waktu kapal di pelabuhan, biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambil barangnya. Apakah masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menekan biaya logistik di Indonesia?

  5. Karamel Firefly

    July 20, 2024 at 10:46 am

    Pelindo menanggapi keluhan biaya logistik RI yang paling mahal di ASEAN dengan menyatakan bahwa kontribusi mereka hanya sekitar 7% dari keseluruhan. Mereka berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan, tetapi biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambilnya. Bagaimana cara lain Pelindo dapat membantu menekan biaya logistik secara keseluruhan?

  6. Snoot Pixie

    July 20, 2024 at 11:56 am

    Pelindo, perusahaan pelabuhan terbesar di Indonesia, menanggapi keluhan mengenai biaya logistik yang paling mahal di ASEAN. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menjelaskan bahwa kontribusi Pelindo dalam menekan biaya logistik hanya sekitar 7% dari keseluruhan. Meskipun Pelindo berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan, tetapi biaya logistik tetap tinggi jika pemilik barang tidak segera mengambil barangnya. Bagaimana cara lain yang dapat dilakukan untuk menekan biaya logistik di Indonesia?

  7. Kereta Gumby

    September 8, 2024 at 9:59 am

    Pelindo, perusahaan pelabuhan terbesar di Indonesia, memberikan respons terhadap keluhan mengenai biaya logistik yang paling mahal di ASEAN. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menjelaskan bahwa meskipun Pelindo berperan dalam memperpendek waktu kapal di pelabuhan, biaya logistik yang tinggi masih tergantung pada pemilik barang. Apakah ada langkah lain yang dapat diambil untuk menekan biaya logistik di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *