Connect with us

Logistik

NTB Memerlukan Pelabuhan Langsung untuk Ekspor

Published

on

NTB Memerlukan Pelabuhan Langsung untuk Ekspor - Rantai Pasokan Indonesia

NTB Butuh Pelabuhan Langsung untuk Ekspor

Peluang Ekspor di Nusa Tenggara Barat

Kepala Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat, Wahyudin, mengungkapkan bahwa Nusa Tenggara Barat (NTB) membutuhkan pelabuhan ekspor yang dapat memudahkan proses pengiriman komoditas ke luar negeri secara langsung dari daerah ini. Menurutnya, jika ekspor dapat dilakukan langsung di NTB, hal ini akan memberikan banyak keuntungan bagi daerah tersebut.

Manfaat Pelabuhan Ekspor di NTB

Wahyudin menjelaskan bahwa adanya pelabuhan ekspor di NTB akan memberikan berbagai efek berganda bagi daerah tersebut. Salah satunya adalah penyerapan tenaga kerja yang akan meningkat. Selain itu, adanya pelabuhan ekspor juga akan memberikan manfaat dari segi bea masuk dan bea keluar yang diperoleh dari setiap kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut.

Potensi yang Dirampas oleh Daerah Lain

Selama ini, efek berganda dari kegiatan ekspor komoditas NTB diraup oleh daerah lain, seperti Jawa Timur dan Bali. Hal ini menunjukkan bahwa NTB belum dapat memanfaatkan potensi ekspornya secara maksimal. Dengan adanya pelabuhan ekspor langsung di NTB, daerah ini dapat mengambil alih potensi tersebut dan meningkatkan kontribusi ekonomi daerah.

Neraca Dagang NTB

Pada bulan Juni 2024, Badan Pusat Statistik mencatat bahwa nilai ekspor non tambang dalam neraca dagang NTB mencapai 1,81 juta dolar AS. Angka ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki NTB dalam hal ekspor komoditas non tambang.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. menendang putaran boomer

    August 5, 2024 at 12:50 pm

    NTB membutuhkan pelabuhan ekspor langsung agar dapat memanfaatkan potensi ekspornya secara maksimal. Pelabuhan tersebut akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan memberikan manfaat dari segi bea masuk dan bea keluar. Daerah lain seperti Jawa Timur dan Bali saat ini merampas efek berganda dari ekspor komoditas NTB. Bagaimana NTB dapat mengambil alih potensi tersebut dan meningkatkan kontribusi ekonomi daerah?

  2. krim juno

    August 11, 2024 at 3:04 am

    NTB membutuhkan pelabuhan ekspor langsung agar dapat memanfaatkan potensi ekspornya secara maksimal. Dengan adanya pelabuhan tersebut, NTB dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mendapatkan manfaat dari bea masuk dan bea keluar. Saat ini, potensi ekspor NTB diraup oleh daerah lain seperti Jawa Timur dan Bali. Apakah pemerintah sudah memiliki rencana untuk membangun pelabuhan ekspor langsung di NTB?

  3. rubah timah

    August 14, 2024 at 12:03 am

    NTB membutuhkan pelabuhan ekspor langsung untuk meningkatkan potensi ekspor komoditas non tambang. Dengan adanya pelabuhan tersebut, NTB dapat mengambil alih potensi yang selama ini diraup oleh daerah lain seperti Jawa Timur dan Bali. Apakah pemerintah sudah memiliki rencana untuk membangun pelabuhan ekspor di NTB?

  4. Manusia Marshmallow

    August 31, 2024 at 3:18 am

    NTB membutuhkan pelabuhan ekspor langsung untuk memaksimalkan potensi ekspor komoditas non tambang. Dengan adanya pelabuhan tersebut, NTB dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mendapatkan manfaat dari bea masuk dan bea keluar. Saat ini, potensi ekspor NTB diraup oleh daerah lain seperti Jawa Timur dan Bali. Apakah pemerintah sudah memiliki rencana untuk membangun pelabuhan ekspor di NTB?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *