Connect with us

News

LSP-LIP Telah Melakukan Uji Kompetensi kepada 240 Sopir Truk Logistik

Published

on

LSP-LIP Telah Melakukan Uji Kompetensi kepada 240 Sopir Truk Logistik

240 Sopir Truk di Indonesia Telah Dilakukan Uji Kompetensi dan Sertifikasi

Pada bulan Juni 2024, sebanyak 240 sopir atau pengemudi truk angkutan barang dan peti kemas telah menjalani uji kompetensi dan sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Logistik Insan Prima (LSP-LIP) hingga tahun 2024.

Pembiayaan Kegiatan Uji Kompetensi Disubsidi oleh Pemerintah

Kegiatan uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP-LIP bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini didukung oleh subsidi dari pemerintah.

Uji Kompetensi Dilakukan di Jakarta, Semarang, dan Daerah Lainnya

Jumlah paket uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP-LIP sebanyak 15 paket, yang tersebar di Jakarta, Semarang, dan beberapa daerah lainnya.

Menurut Direktur Marketing LSP-LIP, Jhohanes S Purba, semua kegiatan uji kompetensi sopir truk paket ke-15 di Jakarta telah selesai dilakukan di PT Dunia Express Transindo (DUNEX).

Peningkatan Kompetensi Pengemudi Angkutan Barang

LSP-LIP menjalankan program sertifikasi kompetensi kerja (PSKK) tahun 2024 untuk pengemudi angkutan barang pengangkut peti kemas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengemudi angkutan barang di Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Proses uji kompetensi sopir truk meliputi tahapan uji tulis, wawancara, uji praktik terkait kesehatan, keamanan, keselamatan, serta penguasaan teknis dan non-teknis operasional trucking.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

LSP-LIP merupakan lembaga sertifikasi profesi logistik yang telah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi (BNSP). LSP-LIP juga didukung oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), dan Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki).

Peningkatan Kesadaran Perusahaan Trucking dalam Meningkatkan Kompetensi Sopir

Hingga saat ini, LSP-LIP telah mensertifikasi dan melakukan uji kompetensi terhadap banyak sopir truk di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan semakin tumbuhnya kesadaran perusahaan trucking untuk meningkatkan kompetensi sopir mereka.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. MARKAS GELAP

    July 9, 2024 at 9:30 pm

    240 sopir truk di Indonesia telah menjalani uji kompetensi dan sertifikasi oleh LSP-LIP. Pembiayaan kegiatan uji kompetensi ini disubsidi oleh pemerintah. Pertanyaannya, apakah adanya sertifikasi ini akan meningkatkan keselamatan dan kualitas layanan pengemudi truk di Indonesia?

  2. Penembak

    July 10, 2024 at 12:11 pm

    Wah, LSP-LIP udah melakukan uji kompetensi buat 240 sopir truk logistik nih! Mantap banget! Tapi, sebenernya apa aja sih yang diuji dalam uji kompetensi ini?

  3. Karamel Firefly

    July 10, 2024 at 7:39 pm

    240 sopir truk di Indonesia telah menjalani uji kompetensi dan sertifikasi oleh LSP-LIP. Kegiatan ini didukung oleh subsidi dari pemerintah. Pertanyaannya, apakah uji kompetensi ini akan meningkatkan keselamatan dan kualitas layanan pengemudi truk di Indonesia?

  4. Bitmap

    July 13, 2024 at 8:31 pm

    LSP-LIP telah melakukan uji kompetensi kepada 240 sopir truk logistik di Indonesia. Kegiatan ini mendapatkan subsidi dari pemerintah. Apakah peningkatan kompetensi sopir ini akan berdampak positif pada industri logistik di Indonesia?

  5. DreadSherX

    July 14, 2024 at 9:04 am

    Jumlah sopir truk yang telah menjalani uji kompetensi dan sertifikasi oleh LSP-LIP mencapai 240 orang. Pemerintah juga memberikan subsidi untuk kegiatan ini. Apakah kegiatan ini dapat meningkatkan keselamatan dan kualitas pengemudi truk di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *