Connect with us

News

Jakarta Menempati Peringkat Pertama, Kota dengan Jumlah Kantor Pelayaran Terbanyak di Dunia

Published

on

Jakarta Menempati Peringkat Pertama, Kota dengan Jumlah Kantor Pelayaran Terbanyak di Dunia

Jakarta Masuk dalam Daftar 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia

Jakarta Memimpin sebagai Kota dengan Kantor Pusat Perusahaan Pelayaran Terbanyak

Jakarta masuk ke dalam daftar 50 kota maritim terkemuka di seluruh dunia berdasarkan jurnal berjudul Leading Maritime Cities 2024. Jurnal ini dirilis oleh Perusahaan Manajemen Risiko DNV GL dan Konsultan Menon Economis dengan sumber data berasal dari Clarkson Research.

Dalam jurnal ini, Jakarta menempati peringkat 1 sebagai Kota dengan Kantor Pusat Perusahaan Pelayaran terbanyak di dunia. Jakarta memimpin indikator ini dengan 261 perusahaan pelayaran terdaftar di sana.

Kapal-kapal Berukuran Kecil Melayani Kebutuhan Indonesia

Sebagian besar dari kapal-kapal tersebut adalah kapal berukuran kecil, yang beroperasi secara regional melayani kebutuhan Indonesia sebagai negara kepulauan.

Jakarta Masuk dalam 15 Besar Pusat Pelayaran Utama di Dunia

Jakarta juga masuk ke dalam 15 besar pada 2 indikator lain, yakni Ukuran Armada (CGT) yang dimiliki oleh pemilik kapal yang terdaftar di kota tersebut, serta Ukuran Armada (CGT) dikendalikan oleh pemilik kapal yang terdaftar di kota tersebut. Indikator-indikator inilah yang membawa Jakarta masuk ke dalam 15 besar kota yang menjadi Pusat Pelayaran Utama di dunia, bersama dengan Singapura, Athena, Tokyo, Shanghai, Hamburg, London, Copenhagen, Rotterdam, Hongkong, Oslo, Seoul, Dubai, Beijing dan Maseille.

Pusat Pelayaran Utama sebagai Salah Satu Pilar Penentu Peringkat Kota Maritim Terkemuka

Pusat Pelayaran Utama merupakan salah satu dari 5 pilar yang digunakan untuk menentukan peringkat 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia. Banyaknya perusahaan pelayaran yang berlokasi di suatu kota dapat memberikan perspektif yang berbeda mengenai komunitas pelayaran dibandingkan dengan nilai kapal dan pendapatan perusahaan.

Metodologi Penilaian dalam Jurnal Leading Maritime Cities 2024

Jurnal Leading Maritime Cities 2024 dilakukan dengan menggunakan pendekatan bottom-up. Penelitian ini mengambil 15.000 kota yang mempunyai aktivitas maritim, untuk kemudian disaring menjadi 50 kota berdasarkan indikator objektif maritim terhadap 4 dari 5 Pilar, yakni Pusat Pelayaran, Keuangan dan Hukum Maritim, Teknologi Maritim, dan Pelabuhan dan Logistik. Selanjutnya, penilaian subjektif dilakukan oleh 190 ahli maritim di seluruh dunia terhadap pilar ke-5, yakni Daya Tarik dan Daya Saing. Hasil penilaian subjektif ini dikombinasikan dengan data objektif untuk menentukan peringkat 50 kota maritim terkemuka di dunia.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Jakarta sebagai Dorongan dan Motivasi untuk Industri Maritim Indonesia

Masuknya Jakarta sebagai salah satu dari 50 Kota Maritim Terkemuka di dunia harus dijadikan dorongan dan motivasi bagi Indonesia untuk terus berbenah dan berkembang dalam industri maritim. Pergeseran pusat perdagangan internasional ke arah Timur atau Asia memberikan peluang bagi kota-kota maritim di Asia dalam perdagangan maritim global. Oleh karena itu, penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas dalam hal inovasi teknologi, sumber daya manusia, serta kebijakan-kebijakan dalam mewujudkan pelayaran yang selamat, aman, dan berwawasan lingkungan. Dengan demikian, Indonesia dapat meningkatkan daya tarik dan daya saing yang bisa membawa tidak hanya Jakarta, namun juga kota-kota lain di Indonesia menjadi Kota Maritim Terkemuka di dunia.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
7 Comments

7 Comments

  1. jerman kayu

    May 16, 2024 at 9:15 am

    Jakarta menjadi kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Ini harus menjadi motivasi bagi Indonesia untuk terus berkembang dalam industri maritim. Bagaimana Indonesia dapat meningkatkan daya tarik dan daya saingnya dalam perdagangan maritim global?

  2. rzrwre

    May 17, 2024 at 3:54 pm

    Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Ini menunjukkan potensi besar industri maritim di Indonesia. Bagaimana pemerintah dapat memanfaatkan posisi Jakarta untuk mendorong pertumbuhan industri maritim di negara ini?

  3. Isis Darkside

    May 17, 2024 at 6:43 pm

    Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Hal ini menjadi dorongan dan motivasi bagi Indonesia untuk terus berkembang dalam industri maritim. Bagaimana Indonesia dapat meningkatkan daya tarik dan daya saingnya dalam perdagangan maritim global?

  4. Pembunuh Kuda Barat

    May 18, 2024 at 12:35 pm

    Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Ini menunjukkan bahwa Jakarta memiliki potensi besar dalam industri maritim. Bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan posisi ini untuk mengembangkan industri maritim secara lebih luas?

  5. Tebakan Jigsaw

    May 21, 2024 at 2:28 am

    Jakarta menjadi kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Pertanyaannya, apa langkah-langkah yang dapat diambil oleh Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas industri maritimnya?

  6. Pengambil Darah

    July 13, 2024 at 6:42 pm

    Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Ini menunjukkan potensi dan keunggulan Jakarta dalam industri maritim. Apa langkah-langkah yang dapat diambil oleh pemerintah dan industri maritim Indonesia untuk terus mengembangkan sektor ini?

  7. Brandy Keberuntungan

    July 13, 2024 at 10:53 pm

    Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan jumlah kantor pelayaran terbanyak di dunia. Ini menunjukkan potensi besar Jakarta dalam industri maritim. Bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan posisi ini untuk mengembangkan industri maritim secara keseluruhan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *