Connect with us

Logistik

Tantangan Investasi Properti di IKN: Biaya Logistik Pengangkutan Material yang Tinggi

Published

on

Tantangan Investasi Properti di IKN: Biaya Logistik Pengangkutan Material yang Tinggi

Tantangan Investasi Properti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Peluang Bisnis di IKN

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menarik minat banyak investor dari mancanegara dan domestik untuk menanamkan modalnya untuk ikut mengembangkan mega proyek itu. Kota yang dibangun di Kalimantan Timur ini memang dinilai memiliki peluang bisnis yang besar, apalagi dengan perpindahan ribuan warga dan pekerja.

Potensi Pasar di IKN

Investor Properti Anthony Sudarsono yang sempat beberapa kali mengunjungi Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menceritakan kesaksiannya melihat pembangunan IKN yang sangat masif dalam waktu setahun belakangan ini. Ia menyebut sudah banyak tempat tinggal dan penginapan yang menampung ribuan pekerja proyek dan warga.

Menurutnya, terdapat banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan di IKN karena perputaran di pasar mencapai nilai triliun-an Rupiah. Menariknya lagi, ia menyebut potensi pasar di IKN melebihi daerah lainnya seperti Jogja, Semarang, dan Solo karena besarnya perpindahan masyarakat ke wilayah tersebut.

Tantangan Investasi Properti di IKN

Investasi properti di IKN juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah ongkos logistik untuk angkut material yang mahal. Dalam pembangunan IKN yang masif, diperlukan banyak material konstruksi seperti batu, pasir, dan besi. Namun, biaya pengangkutan material dari luar daerah menjadi kendala karena jarak yang jauh dan infrastruktur yang belum sepenuhnya terhubung.

Peluang Bisnis di Sektor Pendukung

Meskipun terdapat tantangan dalam investasi properti di IKN, hal ini juga membuka peluang bisnis di sektor pendukung. Dalam menghadapi ongkos logistik yang tinggi, ada peluang untuk membuka bisnis penyediaan material konstruksi di dekat IKN. Dengan demikian, biaya pengangkutan dapat ditekan dan efisiensi dalam pembangunan dapat tercapai.

Selain itu, peluang bisnis juga terbuka di sektor perhotelan, restoran, dan toko bangunan. Dengan banyaknya pekerja proyek dan warga yang membutuhkan tempat tinggal, makanan, dan kebutuhan sehari-hari, bisnis di sektor ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Conclusion

Investasi properti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menawarkan peluang bisnis yang besar. Meskipun terdapat tantangan seperti ongkos logistik yang tinggi, peluang bisnis di sektor pendukung tetap menjanjikan. Dengan pemahaman akan kebutuhan lokal dan adaptasi budaya yang tepat, investor dapat meraih kesuksesan dalam mengembangkan bisnis di IKN.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Doodle Trixie

    May 16, 2024 at 11:26 pm

    Tantangan investasi properti di IKN adalah biaya logistik pengangkutan material yang tinggi. Peluang bisnis di sektor pendukung seperti penyediaan material konstruksi, perhotelan, restoran, dan toko bangunan tetap menjanjikan. Apakah ada langkah yang sedang diambil untuk mengatasi tantangan biaya logistik ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *