Connect with us

Logistik

Subsidi Pengangkutan Barang untuk Mencegah Truk Odol

Published

on

Subsidi Pengangkutan Barang untuk Mencegah Truk Odol

Subsidi Angkutan Barang: Solusi untuk Mengurangi Truk Overload

Pendahuluan

Program subsidi angkutan barang perintis dapat digunakan sebagai salah satu instrumen untuk mengurangi angkutan barang kelebihan dimensi dan muatan (over dimension and over load). Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengurangi disparitas harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Dalam hal ini, dapat diprogramkan PSO Angkutan Barang.

Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021

Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021 mengatur Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan. Peraturan ini memberikan pedoman dalam penyelenggaraan angkutan barang di darat yang wajib memenuhi prinsip-prinsip berikut:

  • Melaksanakan angkutan barang berdasarkan tarif dan jaringan trayek jalan serta jaringan lintas penyeberangan dengan menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi dalam jaringan yang menginformasikan operasional muatan pengiriman barang.
  • Memberikan perlakuan dan pelayanan bagi semua pengguna jasa sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh Menteri.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
7 Comments

7 Comments

  1. Brandy Keberuntungan

    February 20, 2024 at 8:37 am

    Wah, program subsidi angkutan barang ini keren banget ya! Bisa mengurangi truk-truk overload dan juga memperkecil disparitas harga barang di Jawa dan luar Jawa. Tapi, apakah peraturan ini sudah diterapkan dengan baik?

  2. petite jus

    February 20, 2024 at 8:37 am

    Wah, subsidi angkutan barang nih bisa jadi solusi buat ngurangin truk overload. Selain itu, bisa juga ngebantu ngurangin harga barang di Jawa dan luar Jawa. Keren deh!

  3. ladybug titanium

    February 20, 2024 at 12:36 pm

    Wah, program subsidi angkutan barang ini bisa jadi solusi buat mengurangi truk-truk yang over dimension dan over load nih. Selain itu, bisa juga bantu mengurangi perbedaan harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Mantap!

  4. kursi malas st.la-z-boy

    February 22, 2024 at 1:00 pm

    Subsidi angkutan barang menjadi solusi untuk mengatasi truk-truk yang kelebihan muatan dan dimensi. Program ini juga bertujuan untuk mengurangi perbedaan harga barang antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021 mengatur penyelenggaraan angkutan barang yang harus mematuhi prinsip-prinsip tertentu. Apa saja prinsip-prinsip tersebut?

  5. Pyscho Hun

    March 7, 2024 at 7:22 am

    Wah, ada program subsidi angkutan barang nih! Jadi bisa mengurangi truk-truk overload yang sering bikin macet. Tapi, apakah program ini bisa menyeimbangkan harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa?

  6. necrobull

    March 12, 2024 at 9:03 pm

    Subsidi angkutan barang adalah solusi untuk mengurangi truk overload dan mencegah truk odol. Program subsidi ini juga bertujuan untuk mengurangi disparitas harga barang di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021 memberikan pedoman dalam penyelenggaraan angkutan barang yang wajib memenuhi prinsip-prinsip tertentu. Apa saja prinsip-prinsip tersebut?

  7. Agen Perak

    March 13, 2024 at 11:57 am

    Wah, subsidi angkutan barang ini bisa jadi solusi buat mengurangi truk overload, nih! Jadi, dengan adanya subsidi ini, diharapkan bisa mengurangi angkutan barang yang kelebihan dimensi dan muatan. Selain itu, juga bisa memperkecil perbedaan harga barang antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Mantap nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *