Connect with us

Logistik

Sektor Logistik dan Transportasi Terus Berkembang pada Tahun 2024

Published

on

Sektor Logistik dan Transportasi Terus Berkembang pada Tahun 2024

Sektor Logistik dan Transportasi Terus Tumbuh di 2024

Pengantar

Di beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi Covid-19, sektor transportasi dan logistik di Indonesia semakin berkembang dan diprediksi akan terus tumbuh. Setelah pemilu yang berjalan dengan aman dan lancar, sektor ini semakin menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Pertumbuhan Sektor Logistik

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi, pergudangan, dan logistik mengalami pertumbuhan tertinggi pada tahun 2022, mencapai 19,87%. Meskipun terjadi ketidakpastian ekonomi global dan pandemi Covid-19, bisnis logistik tetap mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi bahwa kontribusi sektor logistik (transportasi dan pergudangan) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) akan mencapai Rp 1.090,2 triliun pada tahun 2023 dan diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2024.

Peluang Bisnis Logistik di Tahun 2024

Berdasarkan data tersebut, diperkirakan bahwa sektor transportasi, pergudangan, dan distribusi logistik akan terus tumbuh lebih tinggi pada tahun 2024 seiring dengan meningkatnya permintaan pasar domestik.

Peluang bisnis logistik terbesar pada tahun 2024 diperkirakan akan ada di industri pengolahan, makanan dan minuman, pertambangan, kehutanan, perikanan, pertanian, dan otomotif. Selain itu, sektor UMKM dan perdagangan online juga akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam industri logistik di Indonesia.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. Cemeti Cambuk

    March 5, 2024 at 1:06 pm

    Wah, sektor logistik dan transportasi di Indonesia bakal terus berkembang di tahun 2024 nih! Menurut data dari BPS, bisnis logistik mengalami pertumbuhan tinggi meskipun ada pandemi Covid-19. Pertanyaannya, apa yang akan menjadi peluang bisnis logistik terbesar di tahun 2024?

  2. twiddle twix

    March 7, 2024 at 7:21 am

    Wah, sektor logistik dan transportasi bakal terus berkembang nih di tahun 2024! Pertumbuhan sektor ini udah tinggi banget tahun lalu, dan diprediksi bakal makin naik tahun depan. Ada yang tau apa aja peluang bisnis logistik terbesar di tahun 2024?

  3. Pembalok Jalan

    March 7, 2024 at 7:34 am

    Wah, sektor logistik dan transportasi bakal terus berkembang nih di tahun 2024. Pertumbuhannya aja udah tinggi banget, mencapai 19,87% pada tahun 2022. Pertanyaannya, apa aja sih peluang bisnis logistik terbesar di tahun 2024?

  4. Elang Keberuntungan

    March 7, 2024 at 10:33 am

    Wah, sektor logistik dan transportasi di Indonesia terus berkembang ya sampai tahun 2024. Pertumbuhannya tinggi banget lho, sampai 19,87% pada tahun 2022. Mau tanya nih, apa yang mempengaruhi pertumbuhan sektor ini?

  5. Gula Morbid

    March 17, 2024 at 7:22 am

    Sektor logistik dan transportasi di Indonesia terus berkembang dan diprediksi akan terus tumbuh pada tahun 2024. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor ini mengalami pertumbuhan tertinggi pada tahun 2022. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat, dengan kontribusi sektor logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan mencapai Rp 1.090,2 triliun pada tahun 2023. Pada tahun 2024, peluang bisnis logistik terbesar diperkirakan akan ada di industri pengolahan, makanan dan minuman, pertambangan, kehutanan, perikanan, pertanian, dan otomotif. Selain itu, sektor UMKM dan perdagangan online juga akan memberikan kontribusi yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *