Connect with us

Logistik

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Mencapai 5,05 Persen

Published

on

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Mencapai 5,05 Persen

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,05 Persen di Tengah Pelemahan Global

Pertumbuhan Ekonomi yang Kuat

Ekonomi Indonesia tumbuh relatif kuat sebesar 5,05 persen di tengah tren pelemahan global tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (DJPb NTT), Catur Ariyanto Widodo. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi didukung oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 4,82 persen dari sisi pengeluaran dan sektor manufaktur yang tumbuh 4,64 persen dari sisi produksi.

Kendali Inflasi dan Harga Pangan

Pemerintah berhasil mengantisipasi kenaikan harga pangan sehingga inflasi tetap terkendali. Pada bulan Februari 2024, inflasi mencapai 2,75 persen (yoy) atau 0,37 persen (mtm) dan 0,41 persen (ytd). Selain itu, harga beras bulanan juga mengalami kenaikan sebesar 8,9 persen (ytd).

Tensi Geopolitik dan Rantai Pasok Global

Prospek ekonomi global saat ini dibayangi oleh tensi geopolitik. Pertumbuhan ekonomi cenderung lemah dan divergen, dengan tensi geopolitik meningkatkan kerentanan rantai pasok. Konflik yang terjadi di Timur Tengah dan antara Ukraina dan Rusia dapat mempengaruhi rantai pasok yang ada dan berpotensi mempengaruhi prospek perekonomian secara global.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
4 Comments

4 Comments

  1. Stream Pink C

    April 4, 2024 at 8:33 am

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05% di tengah pelemahan global. Konsumsi rumah tangga dan sektor manufaktur menjadi faktor pendorong. Bagaimana pemerintah mengantisipasi kenaikan harga pangan?

  2. Flick Super

    April 4, 2024 at 11:32 am

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05% di tengah pelemahan global tahun 2023. Konsumsi rumah tangga dan sektor manufaktur menjadi penopang pertumbuhan ini. Bagaimana pemerintah mengantisipasi kenaikan harga pangan dan inflasi? Apakah tensi geopolitik dapat mempengaruhi prospek ekonomi Indonesia?

  3. Kacang Bumi

    April 8, 2024 at 8:46 pm

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2023 mencapai 5,05 persen, meski ada pelemahan global. Bagaimana pemerintah mengendalikan inflasi dan harga pangan? Apakah tensi geopolitik akan berdampak pada perekonomian global?

  4. whistler snapple

    May 12, 2024 at 8:06 am

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05 persen di tengah pelemahan global. Konsumsi rumah tangga dan sektor manufaktur menjadi pendorong pertumbuhan tersebut. Bagaimana pemerintah mengantisipasi kenaikan harga pangan dan menjaga inflasi tetap terkendali?

  5. penguasa lempar cakram

    May 21, 2024 at 1:42 am

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05 persen di tengah pelemahan global. Konsumsi rumah tangga dan sektor manufaktur menjadi pendorong pertumbuhan. Bagaimana pemerintah mengantisipasi inflasi dan harga pangan yang tetap terkendali?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *