Connect with us

Logistik

Peningkatan Dominasi Pengangkutan Barang Kereta Api atas Kapal

Published

on

Peningkatan Dominasi Pengangkutan Barang Kereta Api atas Kapal pada Bulan Mei 2024

Pertumbuhan Angkutan Barang Kereta Api Ungguli Kapal

Peningkatan Angkutan Barang secara Bulanan

Pada bulan Mei 2024, terjadi peningkatan jumlah angkutan barang pada seluruh moda transportasi. Pertumbuhan terbaik dicatatkan oleh angkutan barang dengan moda kereta api.

Pertumbuhan Angkutan Barang dengan Moda Kereta Api

Menurut Plt Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS), Imam Machdi, pertumbuhan angkutan barang tertinggi secara bulanan terjadi pada moda kereta api. Pada bulan Mei 2024, angkutan barang dengan moda kereta api mencapai 6,37 juta ton, atau mengalami pertumbuhan sebesar 9,81% dibandingkan bulan April 2024. Selain itu, terjadi pula pertumbuhan sebesar 19,39% dibandingkan bulan Mei 2023.

Penyebab Peningkatan Angkutan Barang dengan Moda Kereta Api

Imam menjelaskan bahwa peningkatan angkutan barang dengan moda kereta api disebabkan oleh jadwal dan rute angkutan yang sudah kembali normal setelah momen libur Lebaran yang membatasi angkutan barang.

Angkutan Barang dengan Moda Kereta Api di Wilayah Sumatra

Sebagian besar barang yang diangkut dengan moda kereta api berada di wilayah Sumatra. Pada bulan Mei 2024, terdapat 5,22 juta ton atau 81,98% dari total barang yang diangkut dengan kereta api. Terjadi peningkatan jumlah barang yang diangkut dengan kereta api di wilayah Sumatra sebesar 9,97% secara bulanan.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pusaran Karat

    July 11, 2024 at 7:22 pm

    Angkutan barang dengan moda kereta api mengungguli kapal dalam peningkatan jumlah angkutan barang secara bulanan. Peningkatan ini disebabkan oleh jadwal dan rute angkutan yang kembali normal setelah momen libur Lebaran. Wilayah Sumatra menjadi wilayah dengan jumlah barang yang diangkut menggunakan kereta api terbanyak. Pertumbuhan angkutan barang dengan moda kereta api di wilayah Sumatra mencapai 9,97% secara bulanan. Apa faktor lain yang dapat mendukung pertumbuhan angkutan barang dengan moda kereta api di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *