Connect with us

Logistik

Pemerintah Menerapkan Kebijakan Ketat terhadap Pengusaha Ritel Galau Impor, Kemendag Menanggapi dengan Santai

Published

on

Pemerintah Menerapkan Kebijakan Ketat terhadap Pengusaha Ritel Galau Impor, Kemendag Menanggapi dengan Santai

Pemerintah Bantah Kekhawatiran Pengusaha Ritel terkait Pengetatan Impor

Pengetatan Pengawasan Impor untuk Melindungi Pengusaha

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Budi Santoso menekankan bahwa pengetatan pengawasan impor akan menguntungkan pengusaha. Menurutnya, aturan tersebut dapat melindungi pelaku usaha dari barang-barang impor ilegal. Budi menyatakan bahwa jika pengusaha benar-benar mengikuti prosedur impor yang benar, mereka tidak perlu khawatir dan justru akan merasa senang karena akan terlindungi.

Peraturan Menteri Perdagangan No.36/2023

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.36/2023 yang menggeser pengawasan impor sejumlah produk dari sebelumnya post border menjadi border. Beleid ini berdampak pada produk elektronik, alas kaki, pakaian jadi, kosmetik, dan obat tradisional. Tujuan dari peraturan ini adalah untuk mencegah penyelundupan barang impor ilegal masuk ke dalam negeri.

Pengawasan dan Pemberantasan Produk Impor Ilegal

Pemerintah juga terus melakukan pengawasan dan pemberantasan terhadap produk impor ilegal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan melindungi pelaku usaha di Indonesia.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Pengambil

    February 7, 2024 at 2:23 pm

    Pemerintah menegaskan bahwa pengetatan pengawasan impor akan melindungi pengusaha dari barang-barang impor ilegal. Apakah pengusaha akan merasa terlindungi dengan kebijakan ini?

  2. Gula Morbid

    February 20, 2024 at 4:56 am

    Pemerintah menerapkan kebijakan ketat terhadap pengusaha ritel galau impor, namun Kemendag merespons dengan santai. Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, pengetatan pengawasan impor akan melindungi pengusaha dari barang-barang impor ilegal. Apakah pengusaha benar-benar akan merasa terlindungi dengan aturan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *