Connect with us

Logistik

Kebutuhan Infrastruktur Ekonomi Digital di Indonesia

Published

on

Peningkatan Produktivitas melalui Infrastruktur Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menekankan pentingnya pembangunan dan pemerataan infrastruktur digital untuk mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Menurutnya, kehadiran Base Transceiver Station (BTS) 4G akan meningkatkan produktivitas masyarakat di Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Manfaat Infrastruktur Digital di Daerah 3T

Menkominfo menjelaskan bahwa infrastruktur digital di daerah 3T memiliki potensi untuk memperkuat pelayanan publik, termasuk sektor pendidikan, kesehatan, pertahanan, keamanan, dan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, infrastruktur digital juga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan ekonomi seperti e-commerce.

Pemerataan Akses Digital untuk Daerah 3T

Infrastruktur digital di daerah 3T memungkinkan masyarakat setempat untuk menikmati manfaat konektivitas sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini berarti bahwa infrastruktur digital akan memberikan akses yang lebih luas dan terhubung dengan dunia digital kepada masyarakat di daerah 3T.

Tantangan Pembangunan Infrastruktur Digital di Papua

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pembangunan BTS di Papua, namun mengakui bahwa proyek ini menghadapi tantangan yang cukup besar. Oleh karena itu, Presiden memerintahkan Panglima TNI dan Kepala Kepolisian RI untuk mendampingi pelaksanaan pembangunan BTS 4G agar dapat selesai pada tahun 2024.

Percepatan Penyelesaian Pembangunan BTS 4G

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan komitmen untuk mempercepat penyelesaian pembangunan BTS 4G di daerah lain yang belum rampung. Tujuannya adalah untuk memastikan adanya pemerataan konektivitas internet yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Timeline Penyelesaian Pembangunan BTS 4G

Menkominfo optimistis bahwa pembangunan BTS 4G di seluruh daerah 3T akan selesai sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2024. Hal ini akan membawa Indonesia menuju kesetaraan akses konektivitas di seluruh negara.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Manhattan Manis

    April 14, 2024 at 1:24 pm

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur digital untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia. Keberadaan BTS 4G di daerah 3T akan meningkatkan produktivitas masyarakat. Infrastruktur digital juga memiliki manfaat untuk sektor pendidikan, kesehatan, pertahanan, keamanan, dan UMKM. Meskipun menghadapi tantangan, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian pembangunan BTS 4G di Papua. Menkominfo optimistis bahwa pembangunan BTS 4G di seluruh daerah 3T akan selesai sebelum masa jabatan Presiden berakhir pada 2024.

  2. Ella dari Cahaya

    July 5, 2024 at 1:58 pm

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di daerah tertinggal. Infrastruktur digital juga memiliki manfaat dalam sektor publik dan ekonomi. Meskipun pembangunan BTS 4G di Papua menghadapi tantangan, Presiden Jokowi berkomitmen untuk menyelesaikannya pada tahun 2024. Menkominfo optimistis bahwa pembangunan BTS 4G di seluruh daerah 3T akan selesai sebelum masa jabatan Presiden berakhir.

  3. Yesus Besi

    July 6, 2024 at 4:39 pm

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur digital untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia. Infrastruktur digital di daerah 3T dapat memperkuat pelayanan publik dan mendukung kegiatan ekonomi. Meski menghadapi tantangan, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk mempercepat pembangunan BTS 4G di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *