Connect with us

Logistik

Rupanya Ini Penyebab Utama Saham GOTO Ambruk

Published

on

JAKARTA, Detik – Pelaku pasar merespons negatif struktur transaksi TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ini menjadi penyebab penurunan tajam saham GOTO hari ini sebesar 20% ke level Rp 86.

Nilai Transaksi dan Valuasi Tokopedia

Berdasarkan catatan Mandiri Sekuritas (Mansek), valuasi Tokopedia berdasarkan transaksi itu dan kepemilikan 25% saham GOTO mencapai US$ 2 miliar. Mansek menilai harga transaksi ini tidak mencerminkan nilai wajar perusahaan baru (NewCo) yang akan dioperasikan Tokopedia untuk mengelola TikTok Shop. Valuasi TikTok Shop hanya US$ 340 juta atau 0,06 kali dari estimasi GMV 2023. Oleh sebab itu, Mansek perlu melihat valuasi perusahaan baru berdasarkan beberapa pertimbangan.

Tokopedia Tetap Mempertahankan Saham GOTO

Menurut broker itu, GOTO tetap mempertahankan 25% saham Tokopedia dalam jangka panjang. Selain itu, perusahaan baru Tokopedia diyakini bisa menciptakan nilai. Sebab gabungan pangsa pasar Tokopedia dan perusahaan baru bisa mencapai 50-60%.

Keuntungan dari Perusahaan Baru

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari perusahaan baru ini. Pertama, akan ada pendapatan dari perusahaan baru. Kedua, bisnis fintech dan logistik GOTO bisa meningkat melalui ekosistem TikTok. Selain itu, kas GOTO sebesar US$ 1,2 miliar bisa digunakan untuk dua bisnis tersebut.

Tiga Kesepakatan Penting

Dalam kesepakatan tersebut, terdapat tiga poin penting yang perlu diperhatikan. Poin-poin tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kepemilikan 25% saham Tokopedia oleh GOTO
  • Gabungan pangsa pasar Tokopedia dan perusahaan baru
  • Penggunaan kas GOTO sebesar US$ 1,2 miliar untuk bisnis fintech dan logistik

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. 101

    February 3, 2024 at 4:55 pm

    Penurunan saham GOTO sebesar 20% disebabkan oleh struktur transaksi TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Valuasi Tokopedia berdasarkan transaksi itu dan kepemilikan 25% saham GOTO mencapai US$ 2 miliar, namun harga transaksi ini dianggap tidak mencerminkan nilai wajar perusahaan baru. Meskipun demikian, Tokopedia tetap mempertahankan saham GOTO dan perusahaan baru ini diharapkan bisa menciptakan nilai dengan pangsa pasar yang besar. Terdapat juga beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari perusahaan baru ini, seperti pendapatan tambahan dan peningkatan bisnis fintech dan logistik GOTO melalui ekosistem TikTok. Terdapat tiga kesepakatan penting dalam transaksi tersebut, yaitu kepemilikan saham Tokopedia oleh GOTO, gabungan pangsa pasar Tokopedia dan perusahaan baru, serta penggunaan kas GOTO untuk bisnis fintech dan logistik.

  2. Perempuan Burung Merpati

    March 6, 2024 at 11:02 am

    Wah, saham GOTO ambruk 20% nih! Ternyata penyebabnya adalah struktur transaksi TikTok dan Tokopedia yang negatif. Kok bisa ya? Apa sih keuntungan dari perusahaan baru ini?

  3. Naga Putih

    May 27, 2024 at 12:24 am

    Wah, saham GOTO anjlok 20% gara-gara struktur transaksi TikTok dan Tokopedia! Mandiri Sekuritas bilang valuasi Tokopedia belum mencerminkan nilai wajar NewCo. Tapi broker tetap yakin GOTO bisa menciptakan nilai dengan gabungan pangsa pasar yang besar. Ada juga keuntungan dari pendapatan perusahaan baru dan peningkatan bisnis GOTO. Tapi, apa aja sih tiga kesepakatan pentingnya?

  4. Stasiun Intimidasi

    June 26, 2024 at 5:56 pm

    Wah, saham GOTO anjlok 20% gara-gara struktur transaksi TikTok dan Tokopedia nih. Mansek bilang valuasi Tokopedia belum mencerminkan nilai wajar perusahaan baru yang bakal mengelola TikTok Shop. Tapi GOTO tetap pegang saham Tokopedia lho, siapa yang yakin bisa untung dari perusahaan baru ini? Ada juga keuntungan dari perusahaan baru, seperti pendapatan dan peningkatan bisnis fintech dan logistik. Tapi kok cuma ada tiga poin penting dalam kesepakatan ini ya?

  5. Kakao Twinkle

    August 22, 2024 at 12:54 am

    Wah, saham GOTO jatuh 20% nih! Penyebabnya adalah struktur transaksi TikTok dan Tokopedia yang bikin pasar merespons negatif. Valuasi Tokopedia juga dipertanyakan, nih. Ada yang mau kasih pendapat atau nanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *