Connect with us

Logistik

Ada Pengalihan Arus di Pelabuhan Ketapang Saat Nataru, Cek

Published

on

Setidaknya 107,63 juta orang diperkirakan bakal melakukan perjalanan selama musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sebanyak 6,04% diantaranya atau sekitar 6,78 juta orang diprediksi akan memanfaatkan kapal penyeberangan dan 3,44% atau sekitar 3,86 juta orang diperkirakan bakal berlibur akhir tahun ini menggunakan moda transportasi kapal laut.

Menteri Perhubungan Memprediksi Peningkatan Arus Penumpang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan lonjakan penumpang arus berangkat akan terjadi pada hari Jumat (22/12) hingga Sabtu (23/12) dan arus balik pada hari Selasa (26/12) hingga Rabu (27/12). Sementara arus berangkat kedua akan terjadi pada hari Jumat (29/12) dan Sabtu (30/12), sedangkan arus balik pada hari Senin (01/01/2024) hingga Selasa (02/01/2024).

Pentingnya Penerapan Batasan Aksesibilitas Pembelian Tiket Online

“Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan diapresiasi mulai dari penerapan batasan radius aksesibilitas pembelian tiket online. Dan untuk menunjang kelancaran di (Pelabuhan) Ketapang, dapat dilakukan pemindahan/pengalihan sementara Dermaga LCM Ketapang ke Lahan Bulusan selama periode Nataru (Natal dan Tahun Baru). Satu lagi, untuk menambah kapasitas di Ketapang agar ditambah kapal besar tambahan ke Ketapang-Gilimanuk,” kata Menhub dalam keterangan resmi, Selasa (19/12/23).

Koordinasi dan Perbaikan di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk

Koordinasi dan perbaikan harus terus berlangsung demi peningkatan layanan di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Apalagi, kedua pelabuhan ini biasanya bakal sibuk dalam momen liburan.

Antisipasi Lonjakan Arus Selama Masa Nataru

“Pengaturan mobilitas kendaraan penumpang dan logistik juga telah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan selama masa Nataru,” kata Menhub.

Peningkatan Kapasitas Dermaga di Gilimanuk

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa dermaga movable bridge dengan kapasitas hingga 60 ton sudah dapat beroperasi pada libur akhir tahun ini. Hal ini memungkinkan kapal-kapal dengan muatan yang lebih besar dapat sandar.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Pengalihan Layanan di Lintas Ketapang-Gilimanuk

Untuk optimalisasi layanan penyeberangan di Lintas Ketapang-Gilimanuk, mulai tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 6 Januari 2024 dilakukan pengalihan layanan angkutan penyeberangan. Lintas Ketapang (Banyuwangi) – Lembar (NTB) menjadi Lintas Jangkar (Situbondo) – Lembar (NTB). Selama periode tersebut, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang hanya akan melayani pengguna jasa yang akan menuju Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk di Provinsi Bali.

Pemisahan Layanan di Pelabuhan Ketapang

ASDP juga telah menambah kapasitas pelabuhan dengan mempersiapkan Dermaga Bulusan yang terletak di sebelah Pelabuhan Ketapang. Rekayasa pengalihan layanan dilakukan untuk memisahkan layanan LCM Ketapang – LCM Gilimanuk menjadi Dermaga Bulusan – LCM Gilimanuk. Dermaga Bulusan akan difokuskan untuk kendaraan angkutan barang (truk) yang akan menyeberang ke Pulau Bali. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan di Pelabuhan Ketapang.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

  1. perilaku manly reno

    February 2, 2024 at 7:39 pm

    Ada pengalihan arus di pelabuhan Ketapang selama Natal dan Tahun Baru. Menteri Perhubungan memprediksi peningkatan arus penumpang terjadi pada tanggal 22-23 Desember dan 29-30 Desember. Pentingnya penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan perbaikan di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk juga ditekankan. Pengalihan layanan di lintas Ketapang-Gilimanuk dilakukan mulai tanggal 15 Desember hingga 6 Januari. Pemisahan layanan di pelabuhan Ketapang juga dilakukan dengan menambah kapasitas Dermaga Bulusan.

  2. Karamel Firefly

    February 3, 2024 at 5:23 am

    Ada prediksi peningkatan arus penumpang selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024. Menteri Perhubungan memperkirakan lonjakan penumpang terjadi pada tanggal 22-23 Desember dan 29-30 Desember, serta arus balik pada tanggal 26-27 Desember dan 1-2 Januari. Pentingnya penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan koordinasi serta perbaikan di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk juga diungkapkan. Peningkatan kapasitas dermaga di Gilimanuk dan pengalihan layanan di Lintas Ketapang-Gilimanuk juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus selama masa liburan.

  3. snoot pixie

    February 3, 2024 at 5:23 am

    Pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Ketapang. Menteri Perhubungan memprediksi lonjakan penumpang pada beberapa tanggal tertentu. Pentingnya penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan pemindahan sementara Dermaga LCM Ketapang ke Lahan Bulusan juga disoroti. Koordinasi dan perbaikan di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk serta peningkatan kapasitas dermaga di Gilimanuk juga menjadi fokus. Layanan penyeberangan di Lintas Ketapang-Gilimanuk akan dialihkan, dan pemisahan layanan di Pelabuhan Ketapang dilakukan untuk meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan.

  4. sarung tangan masalah

    February 3, 2024 at 6:10 pm

    Pada musim libur Natal dan Tahun Baru, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Ketapang. Menteri Perhubungan memprediksi lonjakan penumpang terjadi pada tanggal 22-23 Desember dan 29-30 Desember. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, diperlukan koordinasi dan perbaikan di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Selain itu, pemisahan layanan di Pelabuhan Ketapang juga dilakukan dengan mempersiapkan Dermaga Bulusan.

  5. Darth 44

    February 3, 2024 at 9:38 pm

    Ada pengalihan arus di Pelabuhan Ketapang selama Natal dan Tahun Baru. Menhub memprediksi peningkatan arus penumpang terjadi pada tanggal 22-23 Desember dan 29-30 Desember. Penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan peningkatan kapasitas di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk menjadi langkah penting dalam menghadapi lonjakan arus ini. Koordinasi dan perbaikan juga dilakukan untuk meningkatkan layanan di pelabuhan. Pengalihan layanan angkutan penyeberangan dilakukan di Lintas Ketapang-Gilimanuk, dengan Pelabuhan Ketapang hanya melayani pengguna jasa yang menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali. ASDP juga telah menambah kapasitas pelabuhan dengan mempersiapkan Dermaga Bulusan untuk kendaraan angkutan barang.

  6. Doodle Trixie

    February 4, 2024 at 3:27 am

    Ada rencana pengalihan arus di Pelabuhan Ketapang selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Menteri Perhubungan memprediksi peningkatan arus penumpang terjadi pada beberapa hari tertentu. Penting untuk menerapkan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan melakukan koordinasi dan perbaikan di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Selain itu, ada juga peningkatan kapasitas dermaga di Gilimanuk dan pengalihan layanan di lintas Ketapang-Gilimanuk. ASDP juga memisahkan layanan di Pelabuhan Ketapang dengan menambah kapasitas Dermaga Bulusan.

  7. Berbahaya Amfibi

    February 27, 2024 at 3:59 pm

    Menteri Perhubungan memprediksi peningkatan arus penumpang selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Apakah penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dapat membantu mengatasi lonjakan penumpang?

  8. Elang Keberuntungan

    March 17, 2024 at 4:14 pm

    Menhub memprediksi peningkatan arus penumpang selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Pentingnya penerapan batasan aksesibilitas pembelian tiket online dan pemindahan Dermaga LCM Ketapang ke Lahan Bulusan untuk kelancaran di Pelabuhan Ketapang. Koordinasi dan perbaikan di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk juga diperlukan. Antisipasi lonjakan arus selama masa Nataru telah dilakukan. Peningkatan kapasitas dermaga di Gilimanuk memungkinkan kapal dengan muatan lebih besar dapat sandar. Layanan penyeberangan di Lintas Ketapang-Gilimanuk dialihkan, dan pemisahan layanan di Pelabuhan Ketapang dilakukan dengan mempersiapkan Dermaga Bulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *