Connect with us

News

Tanjung Emas, Siapkan Investasi Jangka Panjang untuk Mengantisipasi Rob di Pelabuhan

Published

on

Tanjung Emas, Siapkan Investasi Jangka Panjang untuk Mengantisipasi Rob di Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tanjung Emas Semarang Mengantisipasi Dampak Rob dengan Investasi Jangka Panjang

Pendahuluan

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang telah merumuskan perencanaan dan investasi jangka panjang untuk mengantisipasi dan menangani dampak rob di kawasan pelabuhan Semarang. Hal ini dilakukan sebagai komitmen BUMN tersebut untuk meningkatkan layanan dan kelancaran operasional pelabuhan di tengah fenomena rob yang menghantam pesisir pantai utara Semarang.

Perencanaan dan Investasi Jangka Panjang

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo regional 3, Karlinda Sari, menjelaskan bahwa upaya Pelindo tersebut sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang mendorong percepatan penanganan rob di Pelabuhan Tanjung Emas untuk meminimalisir gangguan logistik dan perekonomian.

Pelindo telah melakukan penanganan rutin untuk memastikan operasional pelabuhan tetap lancar ketika rob datang. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain:

  • Penyiagaan 56 rumah pompa
  • Pembuatan kolam retensi di area pelabuhan
  • Penggunaan sistem Early Warning System (EWS) dengan menggandeng BMKG dan BPBD setempat untuk mendeteksi dini potensi rob dan memberikan peringatan kepada pengguna jasa pelabuhan

Investasi Jangka Panjang

Pelabuhan Tanjung Emas telah menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang berfokus pada penanganan rob jangka panjang. Beberapa pekerjaan yang telah selesai dilakukan antara lain:

  • Peninggian jalan
  • Peninggian dermaga Samudera
  • Peninggian tanggul dan lining sisi utara dermaga Terminal Petikemas Semarang
  • Peninggian Container Yard
  • Pengerukan kolam pelabuhan
  • Revitalisasi breakwater

Investasi lanjutan jangka panjang lainnya yang sedang direncanakan adalah pengadaan pompa portable, pengadaan pompa kolam retensi, serta pekerjaan-pekerjaan lanjutan peninggian Container Yard dan dermaga.

Tantangan dan Harapan

“Adapun pekerjaan peninggian jalan akan terus dilakukan dan ditargetkan semua rampung pada tahun 2028. Hal ini sebagai upaya Pelabuhan Tanjung Emas adaptif dengan berbagai kondisi.”

Rob merupakan salah satu tantangan utama bagi Pelabuhan Tanjung Emas. Namun, dengan perencanaan dan investasi yang matang, Pelabuhan Tanjung Emas yakin dapat mengatasinya secara efektif dan berkelanjutan. Pelabuhan Tanjung Emas memiliki peran penting dalam rantai distribusi logistik dan perekonomian Jawa Tengah. Diharapkan dengan upaya tersebut, Pelabuhan Tanjung Emas dapat terus menjadi pelabuhan utama di Jawa Tengah yang handal dan resilient dengan tantangan perubahan iklim dan fenomena rob.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Tim Editorial DetikLogistik adalah kolektif para profesional berpengalaman yang secara kolektif memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam industri logistik dan bisnis. Dengan Erika V. dan S. Susanto sebagai anggota kunci, tim ini diperkaya dengan keahlian dalam berbagai segmen logistik, termasuk manajemen rantai pasokan dan keuangan. Bergabung dengan mereka adalah Andi B., Dian P., Rini H., dan Budi K., yang masing-masing membawa keahlian dan perspektif lokal yang kuat ke dalam campuran. Mereka bersama-sama menyediakan wawasan berharga terhadap tantangan dan peluang yang muncul dalam industri logistik. Tim ini berdedikasi untuk menyediakan informasi berkualitas tinggi dan solusi praktis yang akan membantu Anda dalam mengelola operasi logistik dan memajukan bisnis Anda. Dengan latar belakang yang beragam dan keahlian yang mendalam, Tim Editorial DetikLogistik berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dalam navigasi dinamika pasar logistik yang terus berubah.

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

  1. Ratu Belalang

    June 25, 2024 at 6:44 pm

    Wah, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menghadapi rob dengan investasi jangka panjang! Mereka melakukan peningkatan infrastruktur dan bekerja sama dengan BMKG dan BPBD untuk mendeteksi dini potensi rob. Mantap nih, semoga bisa terus menjadi pelabuhan utama yang handal di Jawa Tengah. Ada yang tau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan peningkatan jalan?

  2. teedersmartie

    June 25, 2024 at 7:07 pm

    Wah, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siapkan investasi jangka panjang untuk mengantisipasi rob di pelabuhan. Keren ya, mereka udah buat rumah pompa, kolam retensi, dan pakai Early Warning System. Tapi ada yang penasaran, apa aja pekerjaan lanjutan yang direncanakan?

  3. Rimbun Ilahi

    June 26, 2024 at 9:20 am

    Investasi jangka panjang yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tanjung Emas Semarang untuk mengantisipasi dampak rob di pelabuhan merupakan komitmen yang penting dalam meningkatkan layanan dan operasional pelabuhan. Bagaimana peran Pelabuhan Tanjung Emas dalam mendukung distribusi logistik dan perekonomian Jawa Tengah?

  4. jalan bebas hambatan

    June 26, 2024 at 10:05 am

    Investasi jangka panjang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tanjung Emas Semarang untuk mengantisipasi dampak rob di pelabuhan. Tantangan ini dihadapi dengan perencanaan dan investasi yang matang agar Pelabuhan Tanjung Emas tetap handal dan resilient. Bagaimana upaya ini akan mempengaruhi layanan logistik dan perekonomian di Jawa Tengah?

  5. Kurio Pembunuh

    June 29, 2024 at 6:49 pm

    Wah, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap-siap investasi jangka panjang nih buat menghadapi rob di pelabuhan. Mantap nih, semoga bisa mengatasi tantangan rob dengan efektif dan terus menjadi pelabuhan utama di Jawa Tengah. Ada yang tau sampai kapan semua pekerjaan peninggian jalan akan selesai?

  6. Ilmu Cair

    July 23, 2024 at 6:01 pm

    Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menghadapi dampak rob dengan investasi jangka panjang. Upaya ini sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan untuk meminimalisir gangguan logistik dan perekonomian. Investasi tersebut meliputi penyiagaan rumah pompa, pembuatan kolam retensi, dan penggunaan sistem Early Warning System. Selain itu, pelabuhan juga telah menyelesaikan berbagai pekerjaan peninggian jalan, dermaga, tanggul, dan lainnya. Meski tantangan masih ada, Pelabuhan Tanjung Emas yakin dapat mengatasinya dengan efektif dan berkelanjutan.

  7. Pusaran Karat

    August 22, 2024 at 7:53 am

    Mantap! Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menghadapi rob dengan investasi jangka panjang. Bagaimana Pelabuhan Tanjung Emas bisa meminimalisir gangguan logistik dan perekonomian akibat rob?

  8. genghis

    August 29, 2024 at 11:14 am

    Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menghadapi rob dengan investasi jangka panjang. Dengan peningkatan infrastruktur dan penggunaan Early Warning System, Pelabuhan Tanjung Emas berharap dapat mengatasi dampak rob secara efektif. Bagaimana pandangan Anda mengenai peran penting Pelabuhan Tanjung Emas dalam perekonomian Jawa Tengah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *