Connect with us

News

Mengikuti Uji Kompetensi LSP-LIP, 40 Sopir Truk PT MBT, Merasa Bahagia

Published

on

Mengikuti Uji Kompetensi LSP-LIP, 40 Sopir Truk PT MBT, Merasa Bahagia

LSP-LIP Menggelar Uji Kompetensi Sopir Truk PT Multi Binatransport

Pada Minggu (9/6/2024), Lembaga Sertifikasi Profesi Logistik Insan Prima (LSP-LIP) yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) mengadakan uji kompetensi Sopir Truk PT Multi Binatransport (MBT). Kegiatan ini merupakan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK Tahun 2024) Pengemudi Angkutan Barang Pengangkut Peti Kemas paket 9 dan 10.

Antusiasme Sopir Truk PT MBT

Sebanyak 40 Sopir Truk peti kemas PT MBT dengan antusias mengikuti kegiatan uji kompetensi tersebut. Hadir dalam kesempatan ini adalah Junior Vice President Trucking Departemen PT Multi Binatransport (MBT) Dessy Desmiyenti dan Dede Ali Mulyadi (Manager Trucking MBT).

Dirut LSP-LIP Memberikan Sambutan

Dirut LSP Logistik Insan Prima (LSP-LIP) Henry Ruswoto, Direktur Sertifikasi LSP-LIP Johanes Kurniawan, dan Tim Penguji yang juga mewakili ASDEKI, M. Lutfi, serta Mohammad Annas (Dosen Universitas Multimedia Nusantara/UMN Tangerang) juga hadir dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya, Dirut LSP-LIP Henry Ruswoto menyampaikan bahwa meskipun alokasi anggaran pemerintah terbatas, LSP-LIP tetap melaksanakan uji kompetensi Sopir Truk secara berkesinambungan.

Peran Sertifikat Kompetensi

Henry Ruswoto menegaskan bahwa sertifikat kompetensi merupakan hal yang baru bagi Sopir Truk. Program ini akan terus berkelanjutan karena semua profesi, tidak hanya pengemudi, harus memiliki sertifikat kompetensi. Sertifikat kompetensi merupakan pengakuan dari Pemerintah RI melalui BNSP untuk memastikan bahwa SDM di Indonesia memiliki kecakapan profesi yang mumpuni dan dapat mengantisipasi serbuan SDM dari luar atau asing.

Kendala yang Dihadapi Sopir Truk

Manager Trucking MBT, Dede Ali Mulyadi, menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi Sopir Truk diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas transportasi, terutama dalam hal angkutan peti kemas. Dia juga mengungkapkan beberapa kendala yang masih dihadapi oleh para Sopir Truk, seperti kemacetan di jalur distribusi dan di dalam pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Selain itu, banting tarif angkutan juga menjadi masalah karena harus bersaing dengan truk kategori kaki lima (K5).

Terminal Booking System

Dessy Desmiyenti, Junior Vice President Trucking Departemen PT Multi Binatransport (MBT), mengharapkan perhatian serius dari pengelola pelabuhan (Pelindo) dan terminal peti kemas terkait dengan service level agreement (SLA) dan service level guaranteed (SLG), serta kepastian ketersediaan operasional alat bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok. Dia juga menyampaikan harapannya terhadap berjalannya program terminal booking system (TBS) di Pelabuhan Tanjung Priok.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Upaya LSP-LIP dalam Uji Kompetensi Sopir Truk

Henry Ruswoto menegaskan bahwa LSP-LIP mengajukan sekitar 800 Sopir Truk untuk mengikuti uji kompetensi pada tahun 2024, namun Pemerintah hanya mengalokasikan 300 pengemudi. Oleh karena itu, LSP-LIP menyarankan agar uji kompetensi Sopir Truk dapat dilakukan secara berbayar atau mandiri. Dia juga menekankan bahwa sertifikat kompetensi dapat dicabut jika Sopir Truk terbukti melakukan pelanggaran.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Delapan Patroli

    June 10, 2024 at 6:32 pm

    Mengikuti uji kompetensi LSP-LIP, 40 sopir truk PT MBT merasa bahagia. Pertanyaannya, apa kendala yang dihadapi oleh sopir truk dalam aktivitas transportasi?

  2. goresan manusia

    June 12, 2024 at 10:46 am

    Sopir Truk PT MBT merasa bahagia mengikuti uji kompetensi LSP-LIP. Program sertifikasi ini penting untuk meningkatkan aktivitas transportasi dan mengatasi kendala yang dihadapi sopir truk. Apakah sertifikat kompetensi ini juga berlaku untuk profesi lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *