Connect with us

News

Mengatasi Masalah Operasional Truk & Memelihara Kepercayaan Pelanggan

Published

on

Mengatasi Masalah Operasional Truk & Memelihara Kepercayaan Pelanggan

Pelaku Usaha Trucking di Indonesia Menghadapi Tantangan Efisiensi

Kendala dalam Bisnis Angkutan Barang dan Peti Kemas

Pelaku usaha trucking menyatakan upaya efisiensi di bisnis angkutan barang dan peti kemas menjadi suatu keharusan. Pasalnya, bisnis truk pengangkut barang dan peti kemas hingga kini masih dihadapkan pada berbagai persoalan, mulai dari kemacetan, layanan di pelabuhan, sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar bersubsidi, hingga sulitnya memperoleh pengemudi (Sopir) truk akibat minimnya pengkaderan atau regenerasi Sopir Truk.

Permasalahan Tarif Angkutan Barang dan Peti Kemas

Perang tarif angkutan barang dan peti kemas juga menjadi masalah kronis lantaran masih banyaknya truk tua di atas 20 tahun yang beredar. Saat ini, umumnya perusahaan truk hanya memakai satu Sopir dan tidak lagi memakai Kernet untuk efisiensi biaya operasional. Sehingga regenerasi Pengemudi Truk dirasakan cukup sulit saat ini.

Upaya Meningkatkan Efisiensi dalam Bisnis Trucking

Untuk menyiasati berbagai kendala operasional trucking, pelaku usaha terus berkomitmen meningkatkan layanan kepada pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan membeli armada truk secara tunai atau cash. Selain itu, harmonisasi pola kemitraan dengan para Sopir truk juga menjadi langkah yang diambil.

Profil PT Multi Binatransport (MBT)

PT Multi Binatransport (MBT) merupakan perusahaan yang beroperasi sejak Februari 1993 di bawah naungan Evergreen Group. Perusahaan ini telah mengoperasikan fasilitas depo peti kemas dan pergudangan dengan nama Multi Bina Pura Internasional. Dengan mengoperasikan lahan lebih dari 17 Hektare di kawasan Cakung Cilincing Jakarta Utara untuk garasi truk maupun depo peti kemas, saat ini MBT memiliki 39 unit truk pengangkut peti kemas dengan jenis (merk) Hino 20 unit, Quieser 9 unit, dan Nisan Euro 10 unit. Selain itu, dilengkapi chasis panjang (ukuran 40 feet) sebanyak 55 unit dan ukuran 20 feet sebanyak 24 unit.

Jenis Komoditi yang Diangkut

Adapun komoditi yang biasa diangkut oleh PT MBT antara lain biji plastik, keramik, baja, dan bahan baku.

Market Share PT MBT

Saat ini, PT MBT memiliki 39 unit truk dan 42 Sopir Truk yang melayani angkutan peti kemas, ekspor-impor, maupun domestik. Adapun market share-nya yakni untuk angkutan peti kemas domestik sebesar 10%, ekspor sebesar 30%, dan impor sebesar 60%.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Kucing Liar

    June 10, 2024 at 8:28 am

    Pelaku usaha trucking di Indonesia menghadapi tantangan efisiensi dalam bisnis angkutan barang dan peti kemas. Kendala seperti kemacetan, layanan di pelabuhan, sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak jenis Solar bersubsidi, dan sulitnya memperoleh pengemudi truk menjadi masalah yang dihadapi. Perusahaan PT Multi Binatransport (MBT) telah mengambil langkah untuk meningkatkan efisiensi dengan membeli armada truk secara tunai dan harmonisasi pola kemitraan dengan para sopir truk.

  2. tank guntur

    June 10, 2024 at 4:15 pm

    Pelaku usaha trucking di Indonesia menghadapi tantangan efisiensi dalam bisnis angkutan barang dan peti kemas. Kendala seperti kemacetan, layanan di pelabuhan, sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak jenis Solar bersubsidi, dan sulitnya memperoleh sopir truk menjadi masalah kronis. Perusahaan trucking seperti PT Multi Binatransport (MBT) berusaha meningkatkan efisiensi dengan membeli armada truk secara tunai dan menjalin kemitraan dengan sopir truk. PT MBT memiliki market share yang signifikan dalam angkutan peti kemas domestik, ekspor, dan impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *